Pembekalan Mahasiswa dan Dosen Program BKP MBKM UIN SATU Tulungagung Semester Genap 2022/2023

Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di UIN SATU Tulungagung mulai terlaksana pada semester Genap 2022/2023  melalui Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air (PERMATA) PTKIN. Untuk memberikan pengarahan tentang pelaksanaan perkuliahan di program PERMATA ini, P2KP LPM UIN SATU Tulungagung mengadakan pembekalan kepada mahasiswa dan dosen. Rektor UIN SATU, Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. menyarankan agar program ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan memberikan layanan yang baik bagi mahasiswa inbound maupun outbound. Acara ini dihadiri oleh Segenap pimpinan kampus, Kabiro, Tim Lembaga Penjaminan Mutu, Wakil dekan bidang akademik, koorprodi dan dosen pengampu matakuliah, serta mahasiswa peserta outbound.

Mahasiswa Outbound dari prodi Tadris Kimia sebanyak 3 mahasiswa dengan tujuan matakuliah Mikrobiologi Pangan dan Industri ke prodi Biologi Fakultas SAINTEK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sementara itu, secara keseluruhan mahasiswa outbound UIN SATU Tulungagung berasal dari 8 prodi.  Ada 10 PTKIN tujuan mahasiswa outbound. Sedangkan asal prodi dan tujuan PTKIN mahasiswa outbound sebanyak 15 prodi tujuan dengan 59 transaksi matakuliah.

“Ini adalah kesempatan bagi mahasiswa untuk membaur dengan mahasiswa lain di luar kampus dan mendapatkan pengalaman suasana akademik yang berbeda meskipun pelaksanaan secara daring (online)”, tutur Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. selaku Ketua P2KP UIN SATU Tulungagung.

Pelaksanaan perkuliahan direncanakan dapat menggunakan kelas multimedia agar bisa dilaksanakan perkuliahan secara offline maupun online.  Bapak Wakil Dekan 1 FTIK menyarankan agar nantinya dapat menggunakan smartboard dan zoom fakultas. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan penjelasan teknis pelaksanaan perkuliahan yang mana harus diawali dengan komunikasi antara dosen dan mahasiswa di program permata. Semoga pelaksanaan MBKM ini dapat terlaksana dengan lancar dan sukses. Aamiin