Diklat Kepengurusan HMPS Tadris Kimia 2024/2025 “Let’s Develop and Show Your Potential in Chemistry”

Diklat Kepengurusan HMPS Tadris Kimia merupakan kegiatan tindak lanjut dari open recruitment yang diadakan oleh divisi PSDM Skill dan Kreasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali rahmatullah Tulungagung. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yakni pada hari Jumat, 19 Januari 2024 dan Sabtu, 20 Januari 2024 dengan mengambil tema “Let’s Develop and Show Your Potential in Chemistry”. Kegiatan diklat ini diikuti oleh mahasiswa Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang telah dinyatakan lolos mengikuti serangkaian open recruitment dengan tujuan guna membangun sikap tanggung jawab, jiwa kepemimpinan, rasa kekeluargaan serta kebersamaan antar pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung terutama dalam mewujudkan suatu perubahan yang lebih kreatif, inovatif hingga mampu menghadapi segala persoalan dan perbedaan yang ada secara bijaksana.

Pada hari pertama, yakni Jumat, 19 Januari 2024, kegiatan diklat bertempat di Gedung KH. Arief Mustaqiem lantai 2 Lokal E-25. Acara dimulai pada pukul 07.30 WIB dan dibuka dengan beberapa rangkaian oleh sie acara. Kemudian pada pukul 08.00 dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Antropologi Kampus oleh pemateri yakni Abdurrahman yang merupakan Wakil DEMA-U Tahun 2023/2024. Penyampaian materi pertama dimoderatori oleh Mohammad Fahrul Rizki. Setelah itu memasuki pukul 09.30 WIB peserta melanjutkan menerima penyampaian materi yang kedua yakni tentang Administrasi yang disampaikan oleh Moh. Trio Subqi yang merupakan Ketua SEMA-F Tahun 2023/2024 dan dimoderatori oleh Dinanda Imana Putri. Peserta sangat bersemangat dalam menerima materi yang telah diberikan oleh pemateri karena hal ini bisa dilihat dari banyaknya peserta yang melakukan tanya jawab mengenai materi yang disampaikan. Penyampaian materi selesai dan ditutup pada pukul 11.00 WIB.

Selanjutnya peserta diberikan waktu untuk istirahat dan sholat yang kemudian akan melanjutkan perjalanan menuju tempat diklat yakni di Cowindo, Sendang Tulungagung. Sesampainya disana peserta diberikan waktu untuk bersih diri dan acara dibuka kembali pada pukul 18.30 WIB. Kemudian pada pukul 18.40 WIB peserta menerima materi yang ketiga yakni tentang Organisasi dan Kepemimpinan yang merupakan colab dari dua pemateri, disampaikan oleh Ainun Amalia dan Aditya Pratama yang dimoderatori oleh Seli Eka Nuranggraini. Setelah menerima 3 materi peserta melakukan sarasehan bersama beberapa demisioner dan alumni. Setelah itu peserta menunjukkan pentas seni dihadapan para pengurus dan tamu undangan. Kegiatan malam tersebut berakhir pada pukul 21.30 WIB.

Memasuki hari kedua, yakni Sabtu 20 Januari 2024 pada pukul 02.00 WIB peserta dibangunkan untuk mangikuti jurit malam. Kegiatan tersebut bertujuan untuk berinstropeksi diri dengan menyadari kesalahan masing-masing, melatih rasa tanggung jawab dan kekeluargaan. Pada pukul 04.00 WIB peserta diberikan waktu untuk beristiahat kembali dan bersih diri. Kemudian pada pukul 07.00 WIB peserta melakukan foto anggota guna sebagai pelengkap data pengurus HMPS. Dilanjutkan pada pukul 09.00 WIB peserta melanjutkan kegiatan yaitu berkumpul dengan devisinya masing-masing untuk merundingan proker yang akan dijalankan. Kegiatan ini berakhir dan ditutup pada pukul 11.30 WIB oleh semua pengurus HMPS Tadris Kimia.