KAJIAN RAMADHAN 2024

Pada hari senin, 01 April 2024 Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung telah melaksanakan sebuah acar kajian Ramadhan dengan mengusung tema “Himpunan Gen-Z dalam Gemerlap Ramadhan Menuju Kesucian Hati”.Acara kajian ini bertempat di Aula Gedung K.H. Saifuddin Zuhri lantai 6 UIN Sayyid Ali Rahmattulah Tulungagung. Adapun tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk membahas tentang cara-cara, tips dan trik yang dapat dilakukan oleh generasi muda untuk tetap menjaga perilaku dan ucapan guna menjaga dan meningkatkan kesucian hati, serta untuk meningkatkan kesadaran generasi muda akan pentingnya keimanan dan keetaqwaan sebagai pegangan untuk menuju kesucian hati.

Kajian Ramadhan ini diikuti oleh bapak dan ibu dosen program studi Tadris kimia, mahasiswa delegasi dari semester 2, 4, dan 6 serta mahasiswa umum. Kegiatan kajian ini dimulai pada pukul 13.45 oleh MC, yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat-ayat suci al-quran oleh saudari Hamidah Nurin Nafiah. Dilanjutkan dengan penyampaian sambutan-sambutan yang diberikan oleh Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia yaitu Adiya Lilatul Prameswari. Tak hanya itu, sambutan juga diberikan oeh Sekretaris Jurusan Ilmu Keguruan yaitu bapak Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. beliau juga membuka acara kajian dengan pantunnya yang diselipkan ditengah-tengah isi sambutannya, dimana pantun tetsebut berisi harapan dan doa agar acara dapat berjalan sesuai harapan dan membawa manfaat bagi semua.

Memasuki acara inti yaitu penyampaian pemateri kajian yang disampaikan oleh Bapak Dr. H. Husnul Haq, Lc., MA. dengan moderator kajian Muhammad Irwanudin Zuhri yang dimulai tepat pada pukul 14.10 . Pemaparan materi disampaikan dengan jelas, dan mudah dipahami karena pemateri banyak mengaitkan materi dengan permasalahan sehari-hari walaupun materi yang disampaikan tidak sepenuhnya sesuai dengan tema yang diusung dalam acara kajian. Selama proses pemaparan materi berlangsung, pemateri juga banyak menyelipkan candaan didalamnya, tak hanya itu pemateri juga aktif memberikan pertanyaan pada para mahasiswa yang masih berhubungan dengan materi yang disampaikannya. Beberapa dari peserta juga mengajukan pertanyaan yang kemudian dijawab oleh pemateri dengan jawaban yang baik dan mudah dipahami oleh peserta. Tak hanya materi yang disampaikan, tetapi nasihat juga disampaikan oleh pemateri yang berisi motivasi untuk para generasi muda agar tetap semangat dan selalu tirakat dalam melaksanakan ibadah.

Meskipun acara kajian ini terdapat sedikit halangan diawal acara yaitu tidak tepat waktu dan sempat hujan, namun kajian Ramadhan dapat terus berjalan dengan lancar dan maksimal. Peserta kajian mengikuti acara ini dengan seksama. Acara kajian berakhir pada pukul 15.28 yang ditutup oleh moderator dengan menyampaikan kesimpulan dari materi yang disampaikan. Kemudian dilanjutkan sesi foto bersama dan pemberian sertifikat pemateri kepada pemateri. Dari adanya kegiatan ini, dibuktikan bahwa puasa tentu tidak menjadi alasan untuk menuntut ilmu, segala aktifitas positif yang dilakukan dapat memberikan manfaat dan menjadikan berlipatnya pahala yang didapat.