Pelajari Proses Industri, Tadris Kimia UIN SATU Lakukan Kunjungan Industri ke PT. Vitapharm (Viva Cosmetic)

Pada tanggal 24 April 2024, Dosen dan mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung berkesempatan melakukan kunjungan industri ke dua pabrik ternama, yaitu PT. Vitapharm (Viva Cosmetic) di Surabaya Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman belajar yang nyata bagi mahasiswa dalam memahami penerapan ilmu kimia di bidang industri, khususnya pada industry makanan dan industri kosmetik.

Kunjungan industri yang pertama dilakukan di PT. Vitapharm (Viva Cosmetic), salah satu industri kosmetik yang telah sukses berkembang di Indonesia. Kedatangan kami disana disambut dengan hangat dan keramahan oleh staf perusahaan, kemudian kami langsung diarahkan menuju aula yang luas. Sesampainya diruangan tersebut, kami disuguhkan dengan sederet produk kosmetik Viva yang memiliki berbagai jenis produk kecantikan. Lebih dari sekedar produk kecantikan, kunjungan ini juga menjadi petualangan sains yang membuka mata kita akan peran kimia dalam dunia kosmetik. Di mana, kami mendapatkan banyak penjelasan dan wawasan terkait proses produksi, pengontrolan dan pengecekan kualitas dan keamanan produk, proses pengemasan, proses pemasaran, prosedur pengembangan produk hingga manajemen limbah industri yang dihasilkan, demonstrasi penggunaan produk viva yang cocok bagi mahasiswa, serta melakukan kunjungan langsung ke beberapa tempat, seperti ruang quality control, area produksi, dan pengemasan. Adapun disetiap proses yang dilakukan untuk menciptakan produk jadi yang aman digunakan tersebut, ternyata hampir keseluruhan prosesnya melibatkan peranan dari ilmu kimia khusunya pada proses produksi dan pengolahan limbah. Pada proses produksi, berbagai jenis bahan kimia digunakan untuk menghasilkan produk kosmetik yang berkualitas, efektif dan aman bagi pengguna. Oleh karena itu, manajemen dan prosedur pengolahan dilakukan dengan tepat untuk mencegah terjadinya suatu kecelakaan kerja. Melalui ilmu kimia, pihak industri viva cosmetic ini mengetahui karakteristik dari setiap bahan sehingga sangat menunjang dalam pemilihan material alat yang tepat untuk digunakan selama proses produksi agar tidak terjadi kegagalan.

Selanjutnya, pengolahan air limbah PT. Vitapharm dapat dilakukan dengan proses netralisasi pH dengan menggunakan senyawa kimia berupa garam rangkap berhidrat dalam bentuk kristal yang biasa dengan Tawas. Untuk memahami lebih lanjut, dapat menyaksikan video animasi berikut ini: https://youtu.be/_Da7_AhqH5o?feature=shared

Berbagai wawasan seputar industri kosmetik ini telah kami peroleh. Adanya kombinasi antara ilmu pengetahuan sains dan kepedulian terhadap alam menegaskan komitmen PT. Vivapharm dalam menciptakan produk yang berkualitas dan aman digunakan oleh masyarakat Indonesia.