OKSIDASI II 2024 “Chemistry in Mechanical Engineering”

Pada hari Sabtu, 1 Juni 2024 Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung telah mengadakan acara OKSIDASI II (Obrolan Kimia Santai Beredukasi edisi ke-II). Acara ini diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom meeting dengan tema “Chemistry in Mechanical Engineering”. Diselenggarakannya acara Oksidasi II ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kimia terutama mengenai kimia pada mesin. Seperti pemanfaatan bahan kimia yang ada pada motor. Adapun peserta pada acara ini adalah seluruh dosen dan mahasiswa Program Studi Tadris Kimia.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh MC acara pada pukul 08.30 WIB yang kemudian dilanjut dengan pembacaan Al-Qur’an oleh saudari Indah Cantika. Adapun selanjutnya adalah sambutan yang disampaikan oleh Ketua umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia 2024, Adiya Lilatul Prameswari. setelah sambutan, pembukaan ditutup dengan pembacaan doa oleh saudara Fahrul Rizki.

Tepat pukul 08.45 WIB telah memasuki acara inti yaitu pemaparan materi oleh pemateri Oksidasi II, yaitu Ibu Silvia Rahma Ekasari, S.T., M.T., salah satu dosen Teknik Mesin Politeknik Negeri Malang dengan moderator saudari Risma Sofiya Lailatul A. mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pada kesempatan kali ini, pemateri menyampaikan beberapa hal terkait “Chemistry in Mechanical Engineering”. seperti proses manufaktur, pembakaran bahan bakar, pemilihan bahan bakar, dan perawatan kendaraan. Seluruh materi ini disampaikan secara runtut, jelas dan mudah dipahami oleh seluruh peserta yang telah mengikuti dan menyimak materi dengan seksama. Selain itu, seluruh peserta juga sangat antusias mengikuti acara ini. Hal ini terlihat dari peserta yang bertanya lebih lanjut terkait pemilihan BBM yang tepat untuk kendaraan bermotor berkaitan dengan kimia yang kemudian pertanyaan tersebut dijawab oleh pemateri dengan jawaban yang jelas dan mudah dipahami pula.

Acara yang selesai pada pukul 10.00 WIB dan ditutup dengan pengambilan foto bersama berupa screenshot layar ini telah berjalan dengan lancar. Seluruh rangkaian acara, baik dalam sesi pemaparan materi maupun sesi tanya jawab dapat dipaparkan dan dijawab dengan jelas dan mudah dipahami. Banyak ilmu baru yang diperoleh dari acara ini. Dengan ilmu tersebut, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi seluruh peserta yang dapat menjadi acuan dan bekal untuk menggapai masa depan yang cerah dengan berbagai ilmu dan inovasi baru yang membangun peradaban baru untuk kemajuan dan perubahan bagi Bangsa Indonesia yang lebih baik, serta dapat menjadi ilmu yang berkah. Aamiin Aamiin Ya Rabbal Alamin.