WORKSHOP KEPENULISAN 2024

Pada hari Sabtu, 8 Juni 2024, Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung telah melaksanakan salah satu program tahunannya yakni Workshop kepenulisan dengan tema “Enhancing Essay Writing Skills with Practical Tehniques and Strategies”. Sesuai dengan temanya, dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan mahasiswa yang kreatif dan inspiratif melalui kepenulisan essai sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan minat menulis mahasiswa menjadi sebuah essai. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa Program Studi Tadris Kimia secara online melalui aplikasi zoom meeting.

Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan pembukaan acara dan sambutan – sambutan dari ketua Pelaksana Workshop Kepenulisan, Firdania Firdausi Rosida, dan dilanjutkan oleh Sambutan dari Koorprodi Tadris Kimia, Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd., yang dalam Sambutannya berharap dari acara ini semoga dapat menambah wawasan bagi Mahasiswa Tadris Kimia dalam kepenulisan serta dapat memotivasi mahasiswa untuk dapat menjadikan kegiatan menulis sebagai salah satu hobi yang bermanfaat. Acara ini kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu penyampaian materi. Adapun pemateri workshop kepenulisan ini adalah Ibu Ruli Andayani, M.Pd. Yang merupakan salah satu Dosen Tadris Bahasa Indonesia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Acara yang dipandu oleh moderator Dia Widiastutik ini berjalan sangat lancar dengan pemaparan materi yang sangat jelas, runtut, dan mudah dipahami. Selain itu, penjelasan pokok mengenai kepenulisan essai baik pengertian, manfaat, maupun persiapan dalam Penulisan karya tulis ilmiah yang sangat runtut dan jelas. Di mana essai tersebut disusun secara sistematis dengan berbagai persiapan seperti menyebut nama orang, membuat pertanyaan hingga membuat persoalan.

Demikian acara yang selesai pada pukul 10.00 WIB dan diakhiri dengan sesi foto Bersama berupa screenshot ini telah sukses diselenggarakan. Semoga dengan terselenggaranya acara ini dapat menambah pengetahuan mahasiswa dalam penulisan essai yang kreatif, inovatif, serta dapat mengembangkan kemampuan menulis mahasiswa melalui gagasan – gagasan baru atau ide untuk menyelesaikan permasalahan sosial, politik, maupun lingkungan dengan metode yang tepat. Aamiin.