Kunjungan Industri TKIM 2024 Lokasi 2 di PT. Ajinomoto

Adapun kunjungan industri selanjutnya yaitu di PT. Ajinomoto, salah satu perusahaan produsen MSG ternama di Indonesia (24/04/2024). Kunjungan ini membawa kejutan bagi kami karena staf perusahaan yang tegas namun tetap ramah dan hangat menyambut kedatangan kami. Seperti halnya di PT. Vitapharm, kunjungan di PT. Ajinomoto ini juga memberikan wawasan dan pengetahuan berharga bagi kami terutama mengenai peran ilmu kimia dalam bidang industri makanan. Mulai dari sejarah berdirinya perusahaan, proses produksi, hingga proses pengolahan limbah yang ramah lingkungan dipaparkan secara jelas oleh pihak PT. Ajinomoto. Kami juga berkeliling area pabrik menggunakan bus perusahaan hingga kami mengetahui berbagai jenis alat yang digunakan selama proses produksi, berkunjung ke area produksi serta area hasil pengolahan limbah dan produk samping hasil produksi. Terdapat hal menarik yang kami dapatkan saat berkunjung di industri ini yaitu adanya konsep kimia berupa green chemistry yang sangat nampak di berbagai aspek. Desain produk dan proses kimia dikelola dengan baik untuk meminimalkan penggunaan dan pembentukan zat berbahaya terutama dalam pengolahan limbah dan produk samping yang diolah menjadi produk baru yang bermanfaat, seperti pupuk tanaman “AJIMOL”, pupuk cair “AMINA”, sumber protein lemak “FML”, dan pembenah tanah “GCC-MIX”. Adapun adanya limbah cair dari hasil pencucian ayam, daging, dan peralatan juga dikelola dengan baik dan dilakukan pengecekan pH, kadar BOD dan COD sebelum akhirnya digunakan untuk mengairi berbagai tanaman di lingkungan industri dan dialirkan ke sungai brantas tanpa mencemari lingkungan.

Pengimplementasian peranan ilmu kimia pada kedua industri tersebut nampak secara nyata. Terlebih industri-industri tersebut mampu menghasilkan berbagai jenis produk dengan kualitas yang baik dan aman digunakan serta mampu mengolah limbah yang ramah lingkungan tanpa menyebabkan pencemaran lingkungan. Dari kegiatan ini, kami memahami bahwa ilmu kimia sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Dari ilmu kimia kita dapat menghasilkan suatu produk yang bermanfaat dan berkualitas, dan dari ilmu kimia pula kita dapat mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin berasal dari hasil pengolahan dan pencampuran bahan-bahan kimia sehingga tidak mencemari lingkungan. Dengan kata lain, “dari industri kembali ke industri” juga dapat diistilahkan untuk kedua industri tersebut di mana limbah yang dihasilkan dari industri dapat dimanfaatkan kembali oleh industri tersebut.

Kegiatan kunjungan industri ini selesai di sore hari dan ditutup dengan penyerahan cinderamata di masing-masing industri serta diakhiri dengan berkunjung di Alun-alun Mojokerjo. Perjalanan yang singkat namun penuh makna ini telah meninggalkan kenangan indah dan pelajaran berharga bagi kami, terutama dalam pengimplementasian bidang ilmu kimia dikehidupan sehari-hari serta adanya kepedulian lingkungan terutama dalam berinovasi untuk mengembang suatu ilmu. Tidak hanya terkait itu, melalui kegiatan ini juga mendapatkan pesan tersirat yang menarik, bahwa “Setiap orang berkesempatan untuk memiliki suatu usaha, namun suatu usaha tidak akan berkembang tanpa adanya riset karea usaha dapat terus berkembang dengan terus memberikan inovasi baru berdasarkan trend yang ada saat ini”.