OKSIDASI 3 : Potensi Minyak Atsiri sebagai Sumber Daya Alam Peningkatan Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat

Pada hari Senin, 8 Juli 2024 Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung telah mengadakan acara OKSIDASI III (Obrolan Kimia Santai Beredukasi edisi ke-II). Acara ini sama dengan agenda OKSIDASI ke-II yang  diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom meeting dengan tema “Potensi Minyak Atsiri sebagai Sumber Daya Alam Peningkatan Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat”. Diselenggarakannya acara Oksidasi III ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan kimia terutama mengenai kimia anorganik terkhusus potensi yang ada pada minyak atsiri sebagai SDA. Adapun peserta pada acara ini adalah seluruh dosen dan mahasiswa Program Studi Tadris Kimia.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh MC yaitu saudari Humaidatuz Zahro, acara pada pukul 08.13 WIB yang kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an oleh saudari Hamidah Nurin. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Ketua umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia 2024, Adiya Lilatul Prameswari, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd., selaku Koordinator Program Studi Tadris Kimia. Setelah sambutan-sambutan, pembukaan ditutup dengan pembacaan doa oleh saudari Nurin Puspita Sari.

Tepat pukul 08.42 WIB telah memasuki acara inti yaitu pemaparan materi oleh pemateri Oksidasi III, yaitu Bapak Andri Wahyu Wijayadi, S.Si., M,Pd., selaku dosen Pendidikan IPA Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng Jombang dengan moderator saudari Firdania Firdausi Rosida selaku Duta Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pada kesempatan kali ini, pemateri menyampaikan beberapa hal terkait “Potensi Minyak Atsiri sebagai Sumber Daya Alam Peningkatan Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat”.  Banyak sekali potensi-potensi yang ada pada minyak atsiri ini,  Seperti pemanfaatan minyak atsiri bagi tumbuhan dan manusia, Isolasi minyak atsiri dengan menggunakan 3 metode yaitu metode pengempaan, metode penyulingan, dan metode ekstraksi, Pengujian dan skema dari minyak atsiri, dan masih banyak lagi tentunya materi yang disampaikan pada tema OKSIDASI ke-III ini. Seluruh materi ini disampaikan secara runtut, jelas dan mudah dipahami oleh seluruh peserta yang telah mengikuti dan menyimak materi dengan seksama. Selain itu, seluruh peserta juga sangat antusias mengikuti acara ini. Hal ini terlihat dari peserta yang bertanya lebih lanjut terkait potensi minyak atsiri ini seperti pemanfaatan dan penyulingan dengan teknik yang tepat,  kemudian pertanyaan tersebut dijawab oleh pemateri dengan jawaban yang jelas dan mudah dipahami pula.

Acara yang selesai pada pukul 9.50 WIB dan ditutup dengan pengambilan foto bersama berupa screenshot layar ini telah berjalan dengan lancar. Seluruh rangkaian acara, baik dalam sesi pemaparan materi maupun sesi tanya jawab dapat dipaparkan dan dijawab dengan jelas dan mudah dipahami. Banyak ilmu baru yang diperoleh dari acara ini. Dengan ilmu tersebut, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan  tentang minyak atsiri  bagi seluruh peserta yang dapat menjadi acuan untuk mengetahui dan memanfaatkan minyak atsiri sehingga dapat berguna dimasa depan dengan berbagai ilmu dan inovasi baru untuk kemajuan dan perubahan bagi Bangsa Indonesia yang lebih baik, serta dapat menjadi ilmu yang berkah. Aamiin Aamiin Ya Rabbal Alamin.