Puncak Pemilihan Duta Tadris Kimia 2023

Puncak Pemilihan Duta Tadris Kimia 2023
November 2, 2023 Comments Off on Puncak Pemilihan Duta Tadris Kimia 2023 Uncategorized tadriskimia

Pada hari Selasa, 31 Oktober 2023 HMPS Tadris Kimia telah melaksanakan Puncak Pemilihan Duta Tadris Kimia 2023 yang bertempat di Gedung Saifuddin Zuhri Lantai 6. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti pada kegiatan tes dan pembekalan duta kemarin. Kegiatan ini juga merupakan serangkaian acara Part Of Chemistry yakni Dies Natalis Tadris Kimia yang ke-6 dengan tema ”The Sparkling of Chemistry Education in The Future”. Kegiatan ini dibuka oleh MC pada pukul 09.00 WIB yang dilanjutkan oleh pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudari Dina Alfira, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UIN SATU Tulungagung, dan sambutan-sambutan. Adapun sambutan yang pertama  disampaikan oleh ketua umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia, Ainun Amalia dan dilanjutkan dengan sambutan dari Sekretaris Jurusan Ilmu Keguruan, Bapak Yudi Krisno Wicaksono, M.IP., yang sekaligus membuka acara ini. Dalam sambutan tersebut beliau juga memberikan beberapa wejangan untuk para calon duta dan juga beberapa motivasi untuk meningkatkan kualitas diri. Sedangkan pembacaan doa yang dipimpin oleh saudara Abdullah Massaroh. MC menutup kegiatan pembukaan ini dengan foto bersama oleh para peserta dan tamu undangan. Acara ini dihadiri oleh Koordinator prodi Tadris Kimia, Bapak Ibu dosen dan segenap mahasiswa Tadris Kimia.

Kemudian sembari menunggu persiapan calon duta, pada pukul 09.30 Dina Alfira ikut serta menyumbangkan sebuah lagu guna menghibur para tamu undangan. Setelah persiapan para calon duta menampilkan sebuah dance untuk pembukaan acara ini. Para calon duta sangat terlihat bersemangat dengan rupa wajah yang berseri. Disela-sela dance tersebut para calon duta juga memperkenalkan diri. Kemudian para peserta diminta untuk menampilkan sebuah bakat yang dimilikinya. Ada yang menampilkan tari, menyanyi, berpuisi, serta seni bela diri. Setelah itu, mereka melakukan catwalk satu persatu dengan santai dan tenang. Setelah catwalk mereka juga melakukan speech dimana mereka menyampaikan visi misi mereka nanti ketika terpilih menjadi Duta Tadris Kimia 2023. Kemudian selang beberapa menit, para peserta melakukan Forum Grup Discussion (FGD). Peserta diberikan sebuah studi kasus dan diminta untuk memberikan pendapatnya. Para peserta memberikan pendapatnya dengan sangat baik. Setelah itu para peserta diberikan waktu untuk beristirahat sejenak, melakukan sholat, dan makan siang.

Kemudian pada pukul 13.00 para peserta kembali melanjutkan rangkaian acara yakni Final Question. Pada sesi ini peserta juga diumumkan yang lolos dalam Top 4 Duta Tadris Kimia. Peserta yang lolos masuk Top 4 yakni Mohamad Fahrul Rizki, Muhammad Irwanudin Zuhri, Firdania Firdausi Rosida, dan Selly Ma’rifatul Amaliya. Mereka diberikan pertanyaan oleh dewan juri yang dipilihnya secara acak. Mereka dapat menjawab pertanyaan dengan baik. Setelah itu, Duta Tadris Kimia 2022 juga ikut menampilkan catwalk yang terakhir dan juga memberikan ucapan terimakasih serta memberikan beberapa wejangan untuk calon Duta Tadris Kimia 2023.

Selanjutnya pada pukul 14.30 WIB memasuki pengumuman juara duta. Juara duta ini diraih oleh Mohamad Fahrul Rizki dan Selly Ma’rifatul Amaliya sebagai Winner Duta Tadris Kimia 2023 Muhammad Irwanudin Zuhri dan Firdania Firdausi Rosida sebagai Runner-Up Duta Tadris Kimia 2023. Kemudian dewan juri menyerahkan beberapa penghargaan untuk pemenang Duta Tadris Kimia 2023. Kegiatan tersebut diakhiri dengan foto bersama dengan seluruh dewan juri, peserta, tamu undangan, dan juga panitia. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan Duta Tadris Kimia 2023 ini dapat membawa Tadris Kimia yang lebih baik, lebih maju, dan lebih jaya lagi. Dan untuk peserta, tamu undangan, dan yang lainnya semoga dapat menambah wawasan, pengalaman serta pengetahuan yang lebih luas.

About The Author