ANNUAL REPORT OKSIDASI VI

Pada hari Jum’at, tanggal 10 November 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia telah mengadakan OKSIDASI VI dengan tema “Limbah: Dasar Penanganan dan Teknologi Pengolahannya”. Oksidasi VI atau Obrolan Kimia Santai Beredukasi ke-VI ini menjadi suatu acara obrolan dengan pemateri yang berasal dari Dosen baru di Tadris Kimia, yaitu Bapak, Rizky Arief Shobirin, S.Si., M.Si. Seperti Oksidasi sebelumnya, oksidasi VI ini juga diselenggarakan secara virtual melalui zoom meeting dan diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa Program Studi Tadris Kimia.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh MC acara pada pukul 14.00 WIB yang kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutansambutan dari Ketua umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia 2023, Ainun Amalia, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd., selaku Koordinator Program Studi Tadris Kimia. Setelah sambutan-sambutan, pembukaan ditutup dengan pembacaan doa oleh saudara Mohamad Fahrul Rizki.

Acara salanjutnya yaitu acara inti yang dipandu oleh Adiya Lilatul Prameswari selaku moderator dari pemateri Oksidasi VI ini. Kemudian, moderator mempersilahkan pemateri untuk memaparkan materinya. Pada kesempatan kali, pemateri menjelaskan bahwa limbah, adalah buangan yang dihasilkan dari suatu proses produksi baik industri maupun domestik (rumah tangga), yang lebih dikenal sebagai sampah, yang kehadirannya pada suatu saat dan tempat tertentu tidak dikehendaki lingkungan karena tidak memiliki nilai ekonomis. proses pengolahan limbah dibagi menjadi 2 yaitu proses pengolahan berdasarkan tingkat perlakuan dan proses pengolahan berdasarkan tingkat karakteristik. Proses pengolahan limbah padat bisa dengan penimbunan terbuka dan daur ulang. proses pengolahan limbah cair bisa dengan pengolahan primer, sekunder, dan tersier sedangkan proses pengolahan limbah gas bisa dengan filter udara dan pengendap siklon. Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta dan pemateri. Demikian acara ini berlangsung sampai pukul 16.00 WIB yang diakhiri dengan pengambilan foto bersama melalui screenshot.

Semoga dengan diadakannya acara ini dapat menambah wawasan mahasiswa dalam hal penanganan dan pengelolaan limbah. Aamiin.