Workshop Penyusunan Silabi Prodi Baru

Mempersiapkan diri penyelenggaraan prodi baru, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung mengundang ahli kurikulum dari Universitas Negeri Malang. Pada kesempatan tersebut, Prof. Moh. Amin, M.Agr. selaku Kaprodi S2/S3 Pendidikan Biologi dari Universitas Negeri Malang diundang sebagai pemateri utama dalam acara Workshop Penyusunan Silabi Prodi Baru yang dilaksanakan pada Tanggal 7-8 Januari 2017 bertempat di Hallroom Crown Victoria Hotel Tulungagung. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor IAIN Tulungagung, Bapak Dr. Maftukhin, M.Ag., Wakil Rektor I, jajaran dekanat FTIK IAIN Tulungagung, ketua dan sekretaris jurusan di lingkungan FTIK, serta dosen-dosen rumpun Sains. Dosen rumpun Sains juga diundang pada acara ini, karena FTIK tengah mempersiapkan diri dalam penyelenggaraan prodi baru Tadris Kimia dan Tadris Fisika, sementara itu Tadris Biologi telah terselenggara satu tahun sebelumnya (TA 2015/2016).
Penyusunan KurikulumDekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung dalam sambutan pembukaan acara ini mengatakan bahwa penting bagi FTIK untuk mengadakan acara ini dengan tujuan untuk memberikan bekal kepada pengelola terhadap penyusunan silabi prodi. Seperti yang kita ketahui, kurikulum di perguruan tinggi harus berkembang sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dan kebutuhan stakeholder terhadap kompetensi lulusan.
Dalam penyampaian materinya, Prof. Moh. Amin, M.Agr. menjelaskan tentang mekanisme penyusunan visi misi prodi, yang mana visi misi prodi mengacu pada visi misi fakultas dan juga institut. Beliau juga menyarankan, dalam penyusunan silabi prodi, sebaiknya prodi mempunyai kekhasan yang membedakan dengan prodi yang sama dari kampus yang berbeda. Hal ini bisa juga berangkat dari kearifan lokal yang dapat dieksplorasi lebih lanjut sehingga bermanfaat kepada masyarakat. Acara dilanjutkan dengan pemetaan matakuliah institut, fakultas dan juga prodi. Acara berlangsung dengan lancar hingga usai.