Mahasiswa Tadris Kimia Raih Juara 2 Lomba Call For Paper Halal Center 2023

Ima Nurhayati sebagai mahasiswi Program Studi Tadris Kimia Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengikuti lomba Call For Paper Halal Center 2023 yang diadakan oleh Pusat Layanan Halal Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada tanggal 29 Oktober 2023.

Acara dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom, diikuti oleh 5 tim yang masuk babak final yaitu UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, UIN sunan Gunung Jati Bandung, UIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan, IAIN Palangkaraya, dan IAIN Ponorogo.

Pada lomba ini UIN Satu Tulungagung masuk di dalam sub tema Health, Food and Nutrition Inovation, dimana dalam perlombaan ini mahasiswi UIN Satu Tulungagung mempresentasikan artikel penelitian yang berjudul “Studi Penelusuran Kehalalan Nugget Daging Ayam”.

Artikel ini membahas mengenai penelusuran kehalalan nugget daging ayam mulai dari proses penyembelihan hewan, proses produksi, hingga proses pengemasan, serta tak lupa penelusuran bahan baku yang harus dipastikan halal. Pengambilan sampel dimulai dari merek nugget yang terkenal hingga merek yang berasal dari industri rumahan. Artikel ini disambut sangat baik oleh para dewan juri yang merupakan akademisi UIN dan akademisi dari kampus luar UIN Satu Tulungagung.

UIN  Satu Tulungagung berhasil mengharumkan nama UIN Satu Tulungagung dengan meraih Juara 2 pada lomba tersebut. Sedangkan gelar Juara dan penghargaan lainnya diperoleh delegasi perguruan tinggi lain yaitu UIN Sunan Gunung Jati Bandung sebagai Juara 1 dan IAIN Ponorogo sebagai Juara 3. Alhamdulillah dan semoga kedepannya prestasi ini dapat dipertahankan serta semakin banyak mahasiswa UIN Satu Tulungagung, khususnya Prodi Tadris Kimia yang mengikuti pada kompetisi – kompetisi selanjutnya.