1st Festival Kewirausahaan Kimia

Festival kewirausahaan kimia merupakan acara pameran yang diselenggarakan oleh Jurusan Tadris Kimia – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan – IAIN Tulungagung untuk memamerkan dan menjual hasil karya kreativitas mahasiswa kimia kepada pengunjung. Acara ini diselenggarakan pada hari rabu, 7 Desember 2019 bertempat di Gedung KH. Arif Mustaqiem lantai 1. Target pengunjung pada Festival kewirausahaan kimia ini adalah seluruh civitas akademik yang berada di lingkungan IAIN Tulungagung khususnya yang beraktivitas di Gedung KH. Arief Mustaqiem. Selain itu acara ini sengaja diselenggarakan bertepatan dengan acara Yudisium Sarjana Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung Semester Gasal 2019/2020 dengan harapan dapat menambah target pengunjung yang datang pada stand-stand pameran yang telah ditata rapi oleh peserta. Festival kewirausahaan 1 (1)Semua peserta dalam festival kewirausahaan kimia ini merupakan mahasiswa aktif Program Studi Tadris Kimia semester 5. Acara ini merupakan implementasi dari matakuliah kewirausahaan kimia yang juga diintegrasikan sebagai penilaian tugas akhir dari perkuliahan Kewirausahaan kimia yang disajikan pada semester 5 tahun akademik 2019/2020 yang diampu oleh Bapak Ali Amirul Mu’minin, M.Pd.
Mahasiswa peserta festival dibagi dalam beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan empat orang mahasiswa. Tiap kelompok menyajikan produk khusus sesuai dengan business plan yang telah diajukan dan dipresentasikan di kelas perkuliahan. Beberapa dari sekian produk yang dipamerkan antara lain gantungan kunci dari resin, toner dari daun sirih, Ice Cream LOGUYA (Lobak, Jagung, Bayam), yogurt dari kecipir, sabun cuci tangan berbahan dasar lidah buaya, dan berbagai produk home industry lainnya.
Festival kewirausahaan 1 (2)Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. selaku dosen pengampu matakuliah Kewirausahaan Kimia menambahkan, “produk yang dipamerkan dan dijual pada festival kimia ini memiliki beberapa kriteria penilaian yaitu keterkaitan produk dengan konsep materi kimia, keunikan dan keterbaruan produk, analisis Break Even Point (BEP), peluang keberlanjutan usaha, serta cara penyajian”
“festival kewirausahaan kimia ini merupakan wadah bagi mahasiswa untuk menanamkan jiwa entrepreneurship sehingga mahasiswa tidak hanya tahu teori kewirausahaan tetapi juga dibekali praktik pengalaman untuk berwirausaha yang harapannya tidak berhenti bersama berakhirnya perkuliahan Kewirausahaan Kimia tetapi ada follow up pengembangan diri untuk memanfaatkan potensi yang ada untuk dijadikan sebagai modal untuk berwirausaha”.