Bersama Satgas Covid-19, Tadris Kimia Ikut Mengabdi kepada Masyarakat

Setelah dilakukan pembuatan hand sanitizer oleh tim satgas Covid-19 IAIN Tulungagung yang dipimpin oleh Ketua Jurusan Tadris Kimia, Ibu. Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D., kegiatan dilanjutkan dengan pengemasan produk tersebut. Cairan hand sanitizer dimasukkan ke dalam botol spray dengan ukuran bervariasi, ada yang 100 mL, 200 mL dan 250 mL. 20200421_113642Kegiatan ini dilakukan oleh tim Satgas Covid-19 IAIN Tulungagung Divisi Hand Sanitizer yang merupakan dosen-dosen jurusan Tadris Kimia dan Tadris Biologi dan dibantu oleh relawan dari mahasiswa dari Jurusan Tadris Kimia dan Tadris Biologi. Selain pengemasan hand sanitizer juga dilakukan pengemasan dan pelabelan cairan desinfektan. Dosen dan mahasiswa jurusan Tadris Kimia bersemangat bekerja sama untuk menyelesaikan kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut (01 s.d 02/04/2020).

Usai pengemasan dan pelabelan, hand sanitizer dan desinfektan siap untuk didistribusikan kepada masyarakat bersama tim Satgas Divisi Distribusi. Produk tersebut dibagikan kepada masyarakat, untuk keperluan kantor, tempat umum seperti puskesmas, rumah sakit, Rusunawa IAIN Tulungagung, sekolah dan lain-lain. Ini dilakukan sebagai upaya untuk pencegahan Covid-19.

Selain itu, tim satgas Covid-19 IAIN Tulungagung juga melakukan penyemprotan dengan desinfektan ke sejumlah masjid dan mushola di kawasan Tulungagung (15/04/2020). Pemberangkatan Tim Relawan dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Tulungagung, Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag. (Berita selengkapanya di http://www.iain-tulungagung.ac.id/berita/1412-rektor-berangkatkan-6-tim-relawan-penanggulangan-covid-19)
relawan berangkatUpaya ini mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Masyarakat pun ikut berperan aktif dalam kegiatan desinfeksi di area rumah sebagai bentuk ikhtiar bersatu melawan Corona.

IMG-20200416-WA0004Saat ini, upaya sosialisasi pencegahan Covid-19 oleh kampus IAIN Tulungagung terus dilakukan. Tempat cuci tangan dengan sabun juga disediakan semakin banyak. Di beberapa titik di area kampus juga disediakan tempat cuci tangan. Dalam sebuah artikel, ada penjelasan bahwa Sars-CoV-2 itu sebenarnya lemah, tetapi Cerdas. Sars-CoV-2 adalah virus penyebab Covid-19. Dia adalah makhluk lemah. Dicelupkan dalam air sabun saja, cangkang Sars-CoV-2 sudah ambyar. RNA sebagai intinya pun jadi berkeping-keping. Namun, ketika berada di tempat inang yang cocok, virus ini dapat menyumbat saluran pernapasan.
Oleh karena itu, mari tingkatkan daya imun tubuh kita, terapkan pola hidup sehat, dan jaga kebersihan, patuhi protokol kesehatan. Semoga Covid-19 segera berlalu dan kembali kepada kehidupan normal. Aamiin…