Dies Natalis Ke-4 Jurusan Tadris Kimia

Menyambut diesnatalis yang ke-4 Jurusan Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rohmatullah panitia Mengangkat tema Special Celebration of Chemistry Education with Innovative and Unique Momentdengan rasionalisasi lewat perantara diesnatalis Jurusan Tadris Kimia yang unik ini diharapkan para mahasiswa mempunyai minat, tekad untuk selalu menciptakan dan menerbarkan edukasi serta inovasi untuk orang-orang yang berada di sekitar mereka. Adapun rangkaian acara yang diselenggarakan semuanya mendukung tercapainya tema yang telah disusun tersebut, antara lain melalui Oksidasi (Obrolan Kimia Beredukasi), Workshop Aplikasi Kimia, Webinar Kewirausahaan, Essay Competition, Tiktok Competition, Vidiography Competition dan Pemilihan Duta Jurusan Tadris Kimia.

IMG-20211021-WA0012[1]

Acara tersebut dilaksanakan dalam beberapa hari. Untuk pembukaan acara Diesnatalis dilaksanakan pada Kamis, 21 Oktober 2021. Acara dimulai pukul 07.30 sampai 12.20, Pada Pembukaan acara ini dilaksanakan juga prosesi pemotongan tumpeng yang menjadi simbol dibukanya rangkaian acara Diesnatalis Jurusan Tadris Kimia oleh ibu Ketua Jurusan Tadris Kimia: Dra. Umy Zahroh, M.Kes.,Ph.D. dan ibu Dekan FTIK Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Setelah prosesi pemotongan tumpeng selesai dilanjutkan dengan acara Oksidasi dan Workshop Aplikasi Kimia.

Pada acara Oksidasi kali ini panitia mengangkat tema “Peran Knowledge, Skill dan Value dalam Pendidikan Kimia di Era Industri 4.0” sedangkan pada acara Workshop Aplikasi kimia dengan tema “Peran Aplikasi Kimia dalam Meningkatkan Knowledge, Skill, dan Value dalam Menghadapi Era 5.0”. acara ini dilaksankan dengan cara offline serta online, untuk peserta offline bertempat di gedung Perpustakaan lantai 6 dihadari oleh beberapa dosen, perwakilan mahasiswa serta perwakilan dari masing-masing himpunan jurusan fakultas FTIK yang mana jumlahnya sekitar 60 anak, sedangkan untuk acara online dilaksanakan via zoom yang dihadiri oleh berbagai HMK dari kampus lain serta para mahasiswa Jurusan Tadris Kimia dan Mahasiswa jurusan lain UIN Sayyid Ali Rohmatullah. Dengan total peserta sekitar 80 Anak.

Untuk rangkaian acara selanjutnya pada hari Minggu, 24 Oktober 2021 diselenggarakanya webinar kewirausahaan dengan tema “Digital Preneur: Kembangkan Kreatifitas, Wujudkan Peluang Cerdas, dengan Berwirausaha di Masa Pandemi” dengan pemateri yang sangat luar biasa yakni bapak Dr. Deny Yudiantoro, SAP., S.Pd., MM. Acara dimulai sejak pukul 07.30-11.15 yang dilaksanakan via online zoom meeting. Pada acara ini diikuti kurang lebih 80 peserta baik mahasiswa dan halayak umum. Para peserta acara webinar mengikuti acar ini dengan antusias, hal ini terlihat dari banyaknya penanya pada sesi tanya jawab dibuka. Diharapkan dari acara webinar kewirausahaan ini dapat memantik semangat jiwa anak muda khususnya mahasiswa untuk berwirausaha dengan mengembangkan inovasi, kreatifitas untuk meningkatkan nilai jual dan menawarkan jasa yang punya nilai tambah dimasa pandemi seperti ini. Berikut dokumentasi acara webinar kewirausaan dalam rangka Acara Diesnatalis Jurusan Tadris Kimia yang Ke-4.

Dari beberapa acara yang telah terlaksana juga terdapat beberapa perlombaan diantaranya Essay Competition, Tiktok Competition, Vidiography Competition. Untuk perlombaan Essay Competition panitia mengambil tema “Inovasi dan Strategi Generasi Muda dalam Mewujudkan SDGs 2030 di Masa Pandemi” dengan beberapa sub tema yakni Sains dan Teknologi, Ekonomi, Pendidikan, Sosial dan Budaya, Kesehatan, Lingkungan dan Energi Terbarukan.

Essay Competition dilaksanakan dengan 6 tahap. Tahap pertama registrasi dan pengumpulan karya essay dimulai pada tanggal 4 Oktober–17 Oktober 2021 pada pendaftaran dan pengumpulan naskah terdapat kurang lebih 12 peserta, pada tahap awal ini semua karya akan dikumpulkan untuk memasuki tahap penilaian pada tanggal 18–21 Oktober 2021 dimana setelah melakukan penilaian akan dihasilkan 10 besar finalis selanjutnya pengumuman finalis pada tanggal 22 Oktober 2021. Setelah melakukan pengumuman terhadap finalis 10 besar dilakukan tahap selanjutnya yakni pengiriman vidio presentasi dari masing-masing finalis dari tanggal 23-27 Oktober 2021. Vidio yang dikirimkan berupa link youtube yang berisi penjelasan secara singkat, padat dan jelas pokok bahsan ide dalam essay mereka. Selanjutnya pada tanggal 28-30 Oktober 2021 dilakukan tahap penilaian vidio presentasi dari finalis, penilaian berupa tanya jawab juri dengan finalis via zoom meeting, juri akan mengajukan pertanyaan seputar vidio ppresentasi mereka serta menilai seberapa kreatif dan padatnya pesan yang akan disampaikan finalis terhadap orang-orang yang melihat vidio presentasi mereka. Selanjutnya pada tanggal 31 Oktober 2021 dilaksanakanya pengumuman juara, setelah melewati banyak tahap penilaian secara seksama didapatkanlah 3 besar dalam Essay Competition untuk juara pertama diraih oleh saudari Afif Fachrudin dari Universitas Gadjah Mada dengan judul “Eazyfishy Artficial Environment Berbasis Aplikasi IOT untuk Menjaga Kegidupan di Bawah Air Demi Mmendukung Indonesia sebagai Pengekspor Ikan Hias Dunia”, Juara 2 diraih oleh saudari Khoirun Nisa’ dan saudara Mohd Zaidi bin Amirudin dari Universitas Negeri Surabaya dengan judul “Optimalisasi Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit sebagai Bahan Baku Nara-Maks sebagai Masker Ramah Lingkungan Filter Cattrige dengan Penambahan Ekstrak Kulit Manggis Menggunakan Metode Hidrolisis Asam Kuat”, selanjutnya untuk juara ke 3 diraih oleh saudari Sigit Cahya Setyawan dari Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan judul “Safety: Literasi Kesehatan Digital Berbasis Aplikasi Guna Menyongsong SDGs 2030”. Berikut beberapa dokmentasi:foto 13

Untuk perlombaan selanjutnya adalah Tiktok Competition dengan tema “Kimia Hijau dalam Membangun Indonesia Ramah Lingkungan” diharapkan dengan berpartisipasinya mahasiswa dan pelajar SMP/SMA ikut serta mengenalkan apa sih Kimia Hijau kepada orang lain dan pentingnya menjaga alam semesta khususnya lingkungan tempat mereka tinggal. Pendaftaran Tiktok Competition dilaksanakan dari taggal 4 Oktober – 23 Oktober 2021, batas pengumpulan karya pada tanggal 27 Oktober 2021 dilanjutkan dengan proses penjurian sampai tanggal 30 Oktober 2021, setelah melalui tahap penjurian akan dilakukan tahap terakhir yakni pengumuman pada tanggal 31 Oktober 2021 yang dilakukan via zoom meeting, terdapat 3 juara dan 1 juara favorit dalam Tiktok Competition ini, untuk juara 1 diraih oleh saudara Sendis Fiqki Saputra, juara 2 diraih oleh saudari Ria Nur Rahmawati, juara 3 diraih oleh saudari Inesa Tsuroya dan yang terakhir juara favorit diraih oleh saudari Rinda Fatul Syntiya. Beriut dokumentasi pengumuman juara Tiktok Competition.

foto 15

Untuk jenis perlombaan yang terakhir ada Vidiography Competition dengan tema “Self Healing di Masa Pandemi Covid-19” panitia berharap dengan adanya lomba vidiografi ini menjadi ajang menyalurkan bakat dan dapat sedikit mengobati rasa penat para mahasiswa selama pandemi. Pendaftaran dilaksankan tanggal 4 Oktober – 23 Oktober 2021, pada tahap pengiriman karya dilaksanakan samppai tanggal 27 Oktober 2021, selanjutnya tahap penjurian dilaksanakan sampai tanggal 30 Oktober 2021 dan yang terakhir pengumuman juara yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2021 via zoom meeting. Dalam Vidiography Competition akan didapatkan 3 juara, untuk juara yang 1 saudara Sendis Fiqki Saputra, juara 2 oleh saudara Riqqi Mubarok, juara 3 oleh saudari Anggelina Widiarsi dan juara favorit didapatkan oleh saudari Maulidiya Fitrotul Ilma. Berikut beberapa dokumentasi Vidiography Competition.

foto 17

Untuk rangkaian acara diesnatalis yang tarakhir adalah pemilihan Duta Jurusan Tadris kimia yang dilaksanakan pada tanggal 1-2 November 2021, acara pemilihan duta kali ini panitia mengangkat tema “Eksplorasi Potensi Generasi Muda Cerdas dan Beradab sebagai Promotor Jurusan Tadris Kimia yang Berintegritas” dengan rasionalisasi duta kimia tidak hanya terpilih dari cerdas saja tetapi juga memiliki adab, karena sejatinya keduanya adalah hal yang menyatu dan tidak dapat dipisahkan. Jikalau seorang yang cerdas tetapi tidak memiliki adab (etika) maka ilmu akan menjadi bahaya bagi pemiliknya dan orang lain karena tidak dihiasi dengan akhlak. Dengan terpilihnya duta jurusan yang cerdas dan beradab juga akan menjadikan jurusan Tadris Kimia lebih dikenal banyak orang dan akan berdampak pada meningkatnya minat pendaftar pada jurusan Tadris Kimia. Setidaknya terdapat 20 peserta perwakilan dari kelas 1 A,B dan kelas 3 A,B,C. Pada acara yang sangat luar biasa ini dipandu oleh Afriska Amelia dan Dimas Rizqulloh sebagai MC untuk kelancaran acara pemilihan duta berlangsung secara offline di gedung KH. Saifuddin Zuhri lantai 6, pada proses pemilihan duta terdapat beberapa tahap. Pada hari pertama para peserta duta mendapatkan pembekalan ilmu yang lauar biasa dari 2 pemateri, untuk materi yang pertama ke-Ambassador an disampaikan oleh kak Yauma Bahru Isnaini, M.Pd. dilanjutkan pembekalan materi yang ke 2 yakni public speaking yang akan disampaikan oleh Mahasiswa Tadris Kimia yakni saudari Ziyana Mumtazah. Setelah diberikan pebekalan ilmu yang lauara biasa para calon duta memasuki tahap 1 yakni Penyampaian visi misi + Tes Uji Wawancara, Mc akan menanyakan 2 pertanyaan dan dijawab secara spontan oleh para calon duta. Setelah selesainya tahap Penyampaian visi misi + Tes Uji Wawancara dilanjutkan dengan hiburan berupa musik dan suara merdu dari mahasiwa tadris kimia saudari Azka dan Athif. Setelah melewati beberapa rangkaian acara sampailah ke tahap terakhir pada seleksi hari pertama pemilihan duta yakni pembacaan peserta terbaik, dimana 10 peserta inilah yang berhak untuk melanjutkan seleksi pemilihan duta ke tahap berikutnya. Tidak lupa sebelum pulang para panitia memberikan briefing agar lancarnya tahap seleksi pada taggal 2 November 2021.

foto 18

Tanggal 2 November 2021 dilaksanakanya acara pemilihan duta hari ke 2 dengan beberapa tahapan juga. Untuk tahapan yang pertama pada pagi hari ini adalah tes uji bakat, para peserta calon duta menampilkan beberapa bakat yang mereka miliki seperti berpuisi, geguritan, menari, menyanyi, dan spinning. Tak lupa juri juga melakukan penilaian terhadap bakat-bakat peserta yang luar biasa ini. Setelah berakhirnya pertujukan bakat dari peserta diberikan waktu break sebentar untuk persiapan finalis ke uji tes selanjutnya yakni catwalk dan speech, disela-sela waktu break terdapat hiburan berupa pertunjukan dari mahasiswa tadris kimia dengan tema Wonderful Indonesia. Dilanjutkan pada tes tahap kedua yakni catwalk dan speech, peserta akan menjawa pertanyaan dari MC secara spontan dengan  batasan waktu 2 menit, pada waktu yang sama juri juga akan melakukan penilaian dimana dari penilaian ini akan dihasilkan 6 finalis terpilih sebagai kandidat calon Duta Jurusan Tadris Kimia. Setelah terpilihnya 6 finalis kandidat calon duta saatnya kita masuk pada tahap seleksi yang terahir yakni sesi tanya jawab dengan juri, juri akan memberikan beberapa pertanyaan seputar permasalahan sosial dan finalis akan manggapi pertanyaan tersebut dengan spontan, pada waktu yang sama juri juga akan melakukan penilaian dari pendapat yang ingin finalis sampaikan.  Setelah selesainya tahap sesi tanya jawab dengan juri diberikan waktu break sebentar sembari menunggu hasil akumulasi nilai dari para calon duta diisi dengan persembahan akuistik mahasiswa jurusan Tadris Kimia yakni saudari Retno Erfiana dan saudara Adsir Maulana. Setelah melewati beberapa tahapan yang sangat panjang tak terasa kita sudah berada di penghujung acara yakni pengumuman gelar duta dan prosesi penyerahan penghargaan. Pada pemilihan duta kali ini kita akan menentukan 3 pasang gelar duta, untuk pasangan yang pertama ada saudari Tia Yusvitaningtias dan saudara Nanda Pradana Aji Pangestu dengan gelar Duta Jurusan Tadris Kimia, selanjutnya ada pasangan saudari Sylvi Putri Anggraini dan saudara Jagad Dewa Rumys dengan gelar Duta Berbakat Jurusan Tadris Kimia dan yang terakhir pasangan saudari saudari Krisma Regita Purwandari dan saudara Ahmad Bagi Mustofa dengan gelar Duta Favorit Jurusan Tadris Kimia. selesainya pengumuman gelar duta dan prosesi penyerahan penghargaan tak lupa Panitia, juri dan dosen berfoto bersama dengan para duta yang telah terpilih. Acara duta ini juga menjadi acara terakhir yang menjadi penutupan dari rangkaian-rangkaian acara di Diesnatalis Jurusan Tadris Kimia yang Ke-4, teriring doa semoga untuk kedepanya Jurusan Kimia UIN SATU terus menciptakan prestasi dan melahirkan calon pendidik yang berkualitas, kreatif dan tangguh untuk masa yang akan datang. Jayalah Kimia ku, We are Chemistry, We are familly.