ABDIMAS 2021: “Pemanfaatan Testmoz dan Quizziz sebagai Media Pembelajaran”

Pandemi COVID 19 merupakan penyakit baru ini pertama kali dilaporkan oleh Wuhan, China pada akhir Desember 2019  dan menyebar ke negara-negara di seluruh dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menamai virus itu COVID-19. Ini adalah singkatan dari Coronavirus Disease 2019. Wabah Covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia, dan WHO telah menyatakan  fenomena ini sebagai  pandemi.IMG-20211126-WA0010

Pandemi ini menimbulkan masalah diberbagai lini kehidupan termasuk dalam pendidikan. Akibat pandemi ini, pemerintah memiliki kebijakan pembatasan ruang  penularan COVID-19 dengan berbagai cara, antara lain dengan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membatasi ruang gerak masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan. Pada masa pandemic COVID 19 bukan menjadi alasan bagi seorang dosen untuk melaksanakan sebuah kegiatan penagbdian masyarakat yang dilakukan secara offline.

Pada masa pandemi seperti ini banyak sektor yang terdampak tridharma perguruan tinggi terdiri dari pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Pengabdian masyarakat tersebut diselenggarakan oleh dosen tadris kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada 26 November 2021. Kegiatan ini memiliki tema “Pemanfaatan Testmoz dan Quizziz sebagai Media Pembelajaran”. Pemateri acara tersebut yaitu Ibu Dra. Hj. Umy Zahroh M.Kes. Ph.D selaku Ketua Jurusan Tadris Kimia dan Bapak Ivan Ashif Ardhana, M.Pd selaku Dosen Tadris Kimia. Para pemateri tersebut sangat berkompeten pada bidangnya yaitu mengenai teori dan IT dalam Pendidikan. Tujuan dari pengambilan tema tersebut yaitu khususnya di SMP MA SMK Terpadu Al Anwar Durenan Trenggalek memberikan pengenalan mengenai aplikasi ini dalam pembelajaran. Sehingga dapat mendukung progresivitas dari pembelajaran.

bu umi 2           

Acara tersebut diikuti oleh 50 bapak ibu guru dari SMP MA SMK Terpadu Al Anwar Durenan Trenggalek. Peserta tersebut sangat aktif dalam mengikuti kegiatan. Runtutan kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00-11.30 WIB dengan malakukan absensi untuk mendapatkan souvenir dari kegiatan ini. setelah itu terdapat pembukaan acara dengan sambutan dari beberapa pihak terkait, dilanjutkan dengan penyampaian materi sekaligus praktik dan ditutup dengan doa dan foto bersama sekaligus terdapat e-sertifikat yang diberikan kepada bapak ibu guru yang telah berpartisipasi dengan acara pengabdian ini.bu umi1

Terdapat salah satu ungkapan dari bapak ibu guru SMP Al Anwar bahwasannya di sekolah tersebut masih asing dengan aplikasi Testmoz dan Quizziz dalam pembelajaran. output dari kegiatan ini dapat mempermudah bapak ibu guru di SMP MA SMK Terpadu Al Anwar Durenan Trenggalek dapat menimplementasikan dalam pembelajaran dengan aplikasi Testmoz dan Quizziz. Sehingga mempermudah dalam perekapan nilai siswa siswi tersebut dan dapat menampilkan dengan vitur yang unik dan menarik. Oleh karena itu dapat meningkatkan semangat siswa siswi dalam mengerjakan soal baik esai maupun pilihan ganda yang diberikan oleh guru kepada siswa.