Mahasiswa Tadris Kimia Raih Medali Perak dan Perunggu pada Kompetisi IWSC 2023

Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT., Terima kasih banyak atas bimbingan dan dukungan dari Bapak Ibu dosen Tadris Kimia UIN SATU Tulungagung, khususnya Bapak Ivan dan Ibu Tutik, doa dan dukungan dari orangtua, serta teman teman yang membantu dalam pelaksanaan kompetensi IWSC/ International Walisongo Science Competition 2023 ini (06/07/2023).

“Pada babak penyisihan, level soal cukup sulit apalagi dengan memakai bahasa inggris, apalagi dengan para pesertanya dari berbagai negara. Alhamdulillah saya masuk babak semifinal dengan urutan ke 8 dari 10 peserta yang lolos babak semifinal, “tutur Vika.

Pada babak Semifinal peserta tidak lagi menjawab soal seperti olimpiade biasanya, tapi para peserta membuat video project, dimana tertulis beberapa pilihan topik dan peserta diharuskan membuatnya.

Untuk babak final, peserta hanya diambil 6 orang, dan alhamdulillah mendapatkan peringkat 4 dan lolos tahap selanjutnya. Setelah lolos tahap final, tugas selanjutnya adalah mempresentasikan video project yang telah peserta buat, setelah presentasi peserta akan ditanyai oleh 3 juri dengan para juri yang sangat luar biasa. “Saya merasa sangat perlu meningkatkan kemampuan bahasa inggris seperti ketika menghadapi kompetisi semacam ini” tambah Vika Chusnurriayah mahasiswa semester 2. Alhamdulilah pada pengumuman ia mendapatkan medali perak.

selain Vika, ada satu lagi mahasiswa Tadris Kimia yang berhasil meraih Medali Perunggu yaitu atas nama Ainul Fatihin. “Tentunya saya sangat bersyukur dan senang mendapatkan hasil ini. Saya juga tidak menyangka mendapatkan hasil ini karena saya harus membagi waktu untuk mempelajari lagi materi-materinya dan mengerjakan skripsi, kemudian persiapan saya juga kurang terutama saat pembuatan video project. Kemudian, saat pengerjaan soal saya juga kesulitan mengerjakan beberapa soal karena tidak bisa mengartikan dan memahami bahasa inggrisnya. Akan tetapi berkat semua doa dan usaha dan bimbingan Bapak Ibu Dosen Prodi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung alhamdulillah saya bisa mendapatkan medali bronze medal di IWSC 2023 ini” kata Ainul Fatihin.

Semoga kedepannya semakin banyak mahasiswa yang berprestasi untuk mengharumkan nama kampus dengan semangat.