OKSIDASI 5: Pembelajaran Kimia dalam Kurikulum Merdeka

OKSIDASI 5: Pembelajaran Kimia dalam Kurikulum Merdeka
October 1, 2023 Comments Off on OKSIDASI 5: Pembelajaran Kimia dalam Kurikulum Merdeka Uncategorized tadriskimia

Pada hari Jum’at, 29 September 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung telah mengadakan acara OKSIDASI V (Obrolan Kimia Santai Beredukasi edisi ke-V). Acara ini diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom meeting dengan tema “Pembelajaran Kimia dalam Kurikulum Merdeka”. Diselenggarakannya acara Oksidasi V ini tentunya bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa tentang pembelajaran kimia pada kurikulum merdeka. Adapun peserta pada acara ini adalah seluruh dosen dan mahasiswa Program Studi Tadris Kimia.

Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh saudari Elya Sabrina selaku MC acara pada pukul 14.10 WIB yang kemudian dilanjut dengan pembacaan Al-Qur’an oleh saudari Dina Alfira. Adapun selanjutnya adalah sambutan yang disampaikan oleh Wakil Ketua umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia 2023 yakni Lu’lu’atul Munawaroh. Setelah sambutan, pembukaan ditutup dengan pembacaan doa oleh saudara Mohammad Fahrul Rizki.

Tepat pukul 14.30 WIB telah memasuki acara inti yaitu pemaparan materi oleh pemateri Oksidasi V, yaitu Bapak Ali Amirul Mu’minin, M.Pd., yang merupakan salah satu dosen dari Program Studi Tadris Kimia, dengan dimoderatori oleh saudari Rizka Amalia Sulum yang juga merupakan mahasiswa Program Studi Tadris Kimia. Pada kesempatan kali ini, pemateri menyampaikan beberapa hal terkait pembelajaran kimia dalam kurikulum merdeka, seperti ilmu kima sebagai proses, produk, dan sikap. Dalam materi ini dijelaskan juga bagaimana merancang pembelajaran dalam IKM, bagaiamana struktur kurikulumnya, proses perancangan kegiatan pembelajaran, capaian pembelajaran, komponen capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran beserta alurnya, serta komponen modul ajar. Di tengah-tengah penyampaian materi, pemateri juga mengajak peserta Oksidasi V mengobrol dengan santai dan juga sedikit mengajak diskusi dengan bertukar pendapat mengenai pertanyaan yang disampaikan pemateri kepada peserta.

Seluruh materi tersebut disampaikan secara runtut, jelas dan mudah dipahami oleh seluruh peserta yang telah mengikuti dan menyimak materi dengan seksama. Selain itu, seluruh peserta juga sangat antusias mengikuti acara ini. Hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya lebih lanjut terkait materi yang telah disampaikan yang kemudian pertanyaan tersebut dijawab oleh pemateri dengan jawaban yang jelas dan mudah dipahami pula. Acara yang selesai pada pukul 15.55 WIB dan ditutup dengan pengambilan foto bersama. Seluruh rangkaian acara, baik dalam sesi pemaparan materi maupun sesi tanya jawab dapat dipaparkan dan dijawab dengan jelas dan mudah dipahami. Banyak ilmu baru yang diperoleh dari acara ini. Dengan ilmu tersebut, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi seluruh peserta yang dapat menjadi acuan dan bekal untuk menggapai masa depan yang cerah dengan berbagai ilmu dan inovasi baru yang membangun peradaban baru untuk kemajuan dan perubahan bagi Bangsa Indonesia yang lebih baik, serta dapat menjadi ilmu yang berkah.

About The Author