Seminar Kewirausahaan “Peluang Kewirausahaan dengan Memanfaatkan Bahan Kimia Ramah Lingkungan

Seminar Kewirausahaan “Peluang Kewirausahaan dengan Memanfaatkan Bahan Kimia Ramah Lingkungan
October 23, 2023 Comments Off on Seminar Kewirausahaan “Peluang Kewirausahaan dengan Memanfaatkan Bahan Kimia Ramah Lingkungan Uncategorized tadriskimia

Pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung telah mengadakan acara Seminar Kewirausahaan dengan tema “Peluang Kewirausahaan dengan Memanfaatkan Bahan Kimia Ramah Lingkungan”. Acara ini diadakan di aula gedung KH. Syaifudin Zuhri lantai 6 dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa tadris kimia, khususnya mengenai peluang kewirausahaan yang di bidang kimia beserta pemanfaatannya dalam pembelajaran bahan kimia yang ramah lingkungan. Acara ini dihadiri oleh seluruh dosen dan mahasiswa Program Studi Tadris Kimia serta beberapa undangan. Adapun pemateri pada acara ini adalah Wahyudi, S. TP. dan Desi Kartikasari, M. Si.

Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan pembukaan oleh MC acara yang dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudari Ayu Ocvitasari Putri. Kemudian dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UIN SATU serta sambutan – sambutan dan pembacaan doa. Adapun sambutan yang pertama disampaikan oleh ketua umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia, Ainun Amalia, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. selaku Koorprodi Tadris Kimia. Beliau memotivasi mahasiswa karena mahasiswa memiliki banyak ide kreatif untuk menjadi wirausahawan di mana wirausahawan juga menjadi salah satu profil lulusan Tadris Kimia, beliau juga sekaligus membuka acara ini, sedangkan pembacaan doa yang dipimpin oleh saudara Abdullah Massaroh. Pembukaan acara ini kemudian ditutup dengan penampilan bakat minat tari tradisional dari anggota CBC (Chemistry be Creatness). Dan dilanjutkan dengan launching Bulletin Titrasi 2023, disusul dengan pemotongan tumpeng yang diwakili oleh Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. selaku Koorprodi Tadris Kimia dan Ibu Ifah Silfianah, S. Pd., M. Pd., dan diakhiri dengan foto bersama.

Acara dilanjutkan dengan acara inti, yaitu pemaparan materi Seminar Kewirausahaan dengan dua materi, yaitu Pemanfaatan Bahan Kimia Dalam Pembuatan Nutrisi Hidroponik dan Sabun Organik Alami. Pada materi pertama yang disampaikan oleh Bapak Wahyudi, S. TP. Yang merupakan pemilik toko Pojok Hidroponik di Ngunut, Tulungagung. Pada materi ini membahas tentang nutrisi apa saja yang dibutuhkan untuk hidroponik, bahkan ternyata banyak hal juga yang sangat menarik disini karena banyak melibatkan unsur kimia di dalamnya yang berperan sebagai nutrisi bagi tumbuhan. Banyak peserta yang sangat antusias dan memperhatikan simulasi perhitungan excel dari jumlah nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Dilanjutkan dengan penyampaian materi yang kedua yakni oleh Ibu Desi Kartikasari, M. Si., yang juga merupakan salah satu Dosen Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang telah berpengalaman membuat sabun handmade Mishall. Beliau menjelaskan tentang sejarah sabun, resep dan cara pembuatan sabun alami bebas paraben dan berbagai kreativitas hasil sabun handmade. Produk-produk Bu Desi sangat bervariasi, ada sabun yang ditambahkan dengan ekstrak bunga mawar, oat, madu, susu, yogurt, coffee, dan sebagainya. Materi yang disampaikan sangat menarik dan beliau juga membagikan sabun yang telah beliau buat kepada para dosen dan mahasiswa yang bertanya. Banyak peserta yang sangat antusias menyimak dan mengajukan pertanyaan.

Kemudian pada pukul 13.00 seluruh peserta, dosen, bahkan pemateri diajak untuk mengunjungi Festival Bazar Kimia 2023 yang diadakan oleh semester 5. Disana terdapat beberapa produk yang ditampilkan, bahkan ada banyak produk juga yang laku terjual. Demikian acara Seminar Kewirausahaan telah berlangsung hingga pukul 13.30 WIB. Dengan adanya acara tersebut, semoga dapat menambah wawasan mahasiswa mengenai pemanfaatan bahan kimia dalam bidang kewirausahaan serta mampu menerapkannya dalam bidang kewirausahaan kedepannya.

About The Author