OKSALAT 2023: Babak Semifinal dan Final

Pada hari Selasa, tanggal 12 September 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia telah melaksanakan babak semifinal dan final Oksalat 2023 dengan tema “Improve your Knowledge, Skills and Action to be the Golden Chemistry”. Acara ini dilaksanakan di Gedung KH. Arief Mustaqiem lantai 6 serta lokal H-51 dan H-52 untuk pelaksanaan babak semifinal Oksalat 2023. Adapun peserta semifinal ini merupakan 40 besar peserta dari nilai terbaik babak penyisihan Oksalat 2023.

Acara ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan pembukaan acara oleh MC, pembacaan ayat suci al-Quran, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UIN SATU Tulungagung, serta sambutan-sambutan dari Ainun Amalia selaku Ketua Umum HMPS Tadris Kimia serta Dr. H. Muniri, M.Pd selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahaswaan, Alumni, dan Kerjasama yang sekaligus membuka acara Oksalat 2023 ini. Setelah sambutan-sambutan dilanjutkan dengan doa dan pembukaan acara ini diakhiri dengan hiburan tari dari CBC (Chemistry be Creatness).

Acara selanjutnya yaitu pelaksanaan babak semifinal, di mana 40 besar semifinalis melaksanakan tes yang terbagi menjadi 2 kelas dan dilaksanakan di lokal H-51 dan H-52 gedung KH. Arief Mustaqiem. Pada babak ini, peserta mengerjakan soal sebanyak 30 butir soal yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda, 10 soal uraian singkat, dan 5 soal uraian sedang, di mana setiap soal ini ditampilkan di proyektor dengan durasi waktu terbatas berdasarkan tingkat kesulitan dari soal. Pelaksaan babak ini berlangsung selama 90 menit dan berakhir pada pukul 11.10 WIB.

Sambil menunggu hasil penilaian babak semifinal, seluruh peserta diperkenankan untuk ishoma maupun menyaksikan bazar edukasi  yang telah dipersiapkan oleh panitia. Adapun dalam bazar edukasi tersebut terdapat beberapa poster kimia, game berbasis kimia, bahan ajar kreasi mahasiswa tadris kimia, dan praktikum yang dilakukan oleh panitia, yaitu praktikum hidrokarbon dan gunung berapi. Seluruh peserta sangat antusias selama berjalannya rangkaian acara ini, terlebih di bazar edukasi terdapat beberapa peserta yang mencoba 2 praktikum oleh panitia.

Pada pukul 13.10 WIB, hasil penilaian babak semifinal Oksalat 2023 diumumkan, dimana terdapat 6 peserta yang lolos ke babak final. Tepat pukul 13.15 WIB, keenam finalis melaksanakan pengerjaan soal babak final 1 di mana peserta mengerjakan 5 soal uraian panjang hingga pukul 14.15 WIB. Setelah babak final 1 ini, peserta diberikan kesempatan istirahat untuk merefreshkan pikiran. Tepat pukul 14.30 WIB dilaksanakan babak final II yaitu sesi cerdas cermas, dimana pada sesi ini terdapat 28 butir soal yang dipilih secara acark oleh ketiga juri dan dilaksanakan dengan 3 metode, yaitu babak putaran, lemparan, dan adu epat. Adapun dalam babak adu cepat terdapat pengurangan nilai apabila jawaban yang diberikan oleh finalis merupakan jawaban yang salah. Babak final 2 yang berakhir pada pukul 16.40 WIB ini berjalan dengan sangat menegangkan dan seru karena dari sekian banyak soal terdapat soal yang diperebutkan hingga terdapat finalis yang harus kehilangan beberapa poinnya saat babak adu cepat cerdas cermat.

Berdasarkan akumulasi nilai babak Final 1 dan Final 2 diperoleh 6 juara oksalat 2023 sebagai berikut:

  1. MAN 1 Kediri sebagai juara I Oksalat 2023
  2. MAN 1 Blitar sebagai juara II Oksalat 2023
  3. MAN 1 Kediri sebagai juara III Oksalat 2023
  4. MAN Kota Blitar sebagai Harapan I Oksalat 2023
  5. MAN 1 Trenggalek sebagai harapan II Oksalat 2023
  6. MAN 2 Nganjuk sebagai harapan III Oksalat 2023

Demikian acara Oksalat 2023 ini berjalan dengan lancar. Semoga melalui acara ini dapat menjadi sarana dan tonggak awal bagi seluruh peserta untuk mengembangkan pengetahuan kimia yang dimiliki dengan penuh semangat.