Stadium General “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam”

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung mengadakan Stadium General pada tanggal 4 Oktober 2017 bertempat di Aula Utama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Sebagai panitia pelaksana, FTIK mengundang Dr. Ibrohim, M.P., M.Si., wakil dekan bidang akademik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang sebagai pemateri utama. Acara pertama sambutan oleh Dekan FTIK, Dr. Abdul Aziz, M.Pd.I. Selanjutnya dalam paparan pemateri utama, Bapak Ibrohim menjelaskan bahwa pendidikan karakter sangat penting diutamakan. Pengajaran dalam matapelajaran sains baik Matematika, Kimia, Fisika maupun Biologi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan karakter, yaitu pembentukan sikap-sikap ilmiah. Sikap ilmiah itu sendiri meliputi rasa ingin tahu, kerja sama, jujur, disiplin, bertanggung jawab, menghargai perbedaan pendapat juga termasuk nilai-nilai dalam pendidikan karakter. Oleh karena itu, guru maupun dosen dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) hendaknya memperhatikan dan memasukkan nilai-nilai karakter tersebut. Karena bangsa Indonesia sejatinya memiliki karakter yang luhur.
studium generalPada sesi kedua, Wakil Dekan I FMIPA UM tersebut memberikan contoh pembelajaran sains yang disertakan pendidikan karakter dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Ditampilkan video berdurasi singkat, dan peserta yang sebagian besar merupakan mahasiswa dari jurusan Tadris Matematika, Tadris Biologi, Tadris Fisika, dan Tadris Kimia sangat antusias menyaksikan video tersebut. Di akhir tayangan, diberikan kesempatan tanya jawab dan peserta diminta untuk menyimpulkan pentingnya pendidikan karakter.
Sebelum penutupan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara FMIPA Universitas Negeri Malang dan FTIK IAIN Tulungagung agar dapat menjalin kerja sama dalam mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Diawali dengan MoU tersebut, Tadris Kimia merencakan tindak lanjut sebagai realisasi MoU ini dalam bentuk kunjungan studi.