Tadris Kimia Selenggarakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

Penulisan ilmiahSesuai dengan temanya “Melalui Karya Tulis Ilmiah Mewujudkan Mahasiswa yang berwawasan Tinggi Dalam Menulis”, acara ini bertujuan memberikan pengetahuan dan melatih mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini merupakan kegiatan dari progam kerja dari devisi riset dan teknologi KMJ Tadris Kimia IAIN Tulungagung. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 November 2017, melibatkan mahasiswa dan dosen-dosen Tadris Kimia dengan mengundang pemateri dari dosen di IAIN Tulungagung.
Pemateri pertama adalah seorang dosen IAIN Tulungagung yang gemar menulis, Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM. Doktor lulusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang itu memaparkan gambaran umum karya tulis ilmiah. Materi yang disampaikan terkait ciri-ciri karya tulis ilmiah, langkah-langkah membuat karya tulis ilmiah, sumber ide, alur pikir penyusunan karya tulis ilmiahdan ciri-ciri judul karya ilmiah yang baik.

Selanjutnya, pemateri kedua adalah Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. yang merupakan dosen di jurusan tadris Kimia. Dosen yang mempunyai segudang prestasi dalam penulisan karya tulis ilmiah tersebut memaparkan pengalamannya dalam mengikuti dan meraih juara dalam  lomba-lomba penulisan karya tulis ilmiah. Dosen yang pernah menjadi Asisten Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang itu tak lupa memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk aktif dalam membuat karya ilmiah dengan baik sehingga dapat bersaing dalam lomba-lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional maupun internasional.

20170924_085036-minMahasiswa terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut dan aktif dalam diskusi. Setelah istirahat makan dan shalat mahasiswa di kelompokkan menjadi beberapa kelompok. Mahasiswa berdiskusi aktif dalam kelompok dengan dibimbing oleh masing-masing dosen untuk mendiskusikan apa yang akan ditulis untuk karya tulis ilmiahnya. Kegiatan ini diharapkan dapat memicu semangat mahasiswa dalam menulis karya ilmiah. Pembinaan lebih lanjut pada kelompok yang telah terbentuk sangat diharapkan agar mahasiswa menghasilkan karya tulis ilmiah yang terbaik.