MAHASISWA TADRIS KIMIA IKUTI RAKERNAS XV IKAHIMKI DI UIN ALAUDDUN MAKASAR

ikahimki 2019Minggu, 17 Maret 2019 dua mahasiswi IAIN Tulungagung jurusan Tadris kimia berangkat ke kota Makassar sebagai delegasi untuk mengikuti Rapat Kerja Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Kimia XV atau yang sering disebut Rakernas Ikahimki XV yang diselenggarakan di kota Makassar. Dua mahasiswi tersebut bernama Anis Lailatul dari jurusan Tadris Kimia 2B dan Ulyl Hilmi dari jurusan Tadris Kimia 2A. Mereka take off dari bandara Juanda pukul 18.40 WIB dan mendarat di bandara Sultan Hasanuddin pukul 20.00 WITA.

Mereka menginap di penginapan yang difasilitasi oleh panitia Rakernas Ikahimki XV yaitu, di LPPPTK KPTK Gowa Sulawesi Selatan bersama delegasi dari berbagai perguruan tinggi lainnya yang ada di Indonesia, seperti: UIN Ar-Raniry, Universitas Gajah Mada, UIN Alauddin Makassar, Universitas Negeri Makassar, UIN Malang, UIN Yogyakarta, Universitas Brawijaya, dll. Total ada 22 perguruan tinggi yang ikut serta dalam Rapat Kerja Nasional Ikahimki XV.Ikahimki2019 2

Pembukaan acara Rakernas Ikahimki XV dilaksanakan pada hari Senin, 18 Maret 2019 pukul 10.30 WITA di UIN Alauddin Makassar. Acara tersebut dibuka dengan penampilan tari-tarian asal kota Makassar dan Rakernas Ikahimki  ini dibuka langsung wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FST Dr Andi Suarda M Si, di Auditorium, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Kampus II UIN, Samata-Gowa, Senin (18/03/2019). Acara pembukaan tersebut berjalan sangat meriah, hal tersebut terlihat dari antusiasme para undangan, delegasi, dan mahasiswa Kimia dari UIN Alauddin Makassar itu sendiri.

Setelah acara pembukaan,  dilanjutkan dengan seminar nasional dengan tema “Revolusi Industri 4.0” oleh sebagai moderator dan sebagai pemateri. Jadi sebenarnya rangkaian kegiatan yang diadakan oleh panitia yang ditunjuk sebagai tuan rumah Rakernas Ikahimki XV di Makassar ini tidak hanya menjalankan kewajibannya yaitu melaksanakan Rapat Kerja Nasional namun, mereka juga mengadakan seminar nasional. Para delegasi juga diperkenankan untuk mengikuti seminar nasional ini.

Dihari yang sama, yaitu Senin, 18 Maret 2018 pukul 21.35 WITA tepatnya di LPPPTK KPTK Gowa Sulawesi Selatan, Rapat Kerja Nasional Ikahimki XV dimulai dengan membahas Agenda Rapat Kerja Nasional XV. Rapat kerja pada hari pertama ini berlangsung hingga pukul 24.00 WITA. Pada hari kedua dan seterusnya, rapat kerja selalu berakhir menjelang waktu sholat subuh. Hal ini karena sangat kritisnya pemikiran-pemikiran dari peserta rapat itu sendiri dan bagaimana mereka bersungguh-sungguh menginginkan program kerja dari Ikahimki ini dirumuskan dengan baik agar nanti pelaksanaannya juga baik.

Rapat kerja nasional ini berlangsung selama 5 hari dan berakhir pada hari Jumat, 22 Maret 2019. Rangakaian kegiatan ini ditutup dengan field trip di beberapa tempat wisata yang ada di kota Makassar seperti: Benteng Rotterdam, Pantai Losari, dan toko oleh-oleh. Setelah rangkaian acara tersebut selesai dengan sangat sukses, para peserta Rakernas Ikahimki tersebut kembali ke daerahnya masing-masing pada hari Minggu, 23 Maret 2019. Mahasiswa delegasi IAIN Tulungagung ini juga kembali ke Tulungagung di hari minggu. Mereka sampai di Tulungagung pukul 11.00 WIB. Kegiatan ini diharapakan dapat menambah wawasan mahasiswa dalam bidang keorganisasian dan menjaring kerjasama dengan himpunan mahasiswa kimia di kampus yang lain.