MAHASISWA TADRIS KIMIA LAKSANAKAN KUNJUNGAN SEKALIGUS PRAKTIKUM DI LABORATORIM KIMIA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

MAHASISWA TADRIS KIMIA LAKSANAKAN KUNJUNGAN SEKALIGUS PRAKTIKUM DI LABORATORIM KIMIA FMIPA UNIVERSITAS NEGERI MALANG
20190504_110949
Pada hari Sabtu, 4 Mei 2019 seluruh mahasiswa semester 5 jurusan Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung melaksanakan kunjungan studi sekaligus praktikum di Laboratorium Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang. Tak lupa beberapa dosen turut hadir dalam kunjungan ini sebagai pendamping.

Pertama, sebelum melaksanakan praktikum di laboratorium, seluruh mahasiswa Tadris Kimia dan juga para dosen mengikuti Opening Ceremony yang dimaksudkan untuk menyambut rombongan dari jurusan Tadris Kimia IAIN Tulungagung. Adapun susunan acara di dalam Opening Ceremony, ada sambutan dari Kepala Laboratorium Universitas Negeri Malang, Bapak Dr. H. Yudhi Utomo, M.Si. dilanjutkan sambutan dari Sekretaris Jurusan Tadris Kimia, Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. dan sambutan terakhir dari Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Kimia, Titin CharirOh dan selanjutnya do’a.
Picture1 Picture2
Setelah rangkaian acara Opening Ceremony selesai, selanjutnya seluruh mahasiswa Tadris Kimia melaksanakan praktikum. Ada 3 mata kuliah yang dipraktikumkan, diantaranya Kimia Analitik yang mempraktekkan mengenai “Analisis Kation Golongan 1”, kemudian ada Kimia Anorganik yang mempraktekkan mengenai “Reaksi Pembentukan Senyawa Tembaga dan Perak” dan juga Kimia Organik yang mempraktekkan mengenai “Reaksi-reaksi Aldehida dan Keton, Reaksi-reaksi Hidrokarbon serta Reaksi identifikasi untuk membedakan Alkohol dan Fenol”. Untuk pelaksanaan praktikum ini, sebelumnya mahasiswa sudah dibagi menjadi beberapa kelompok.
Praktikum berlangsung cukup lama dari pagi hingga menjelang sore.
Picture3Setelah serangkaian praktikum telah dilaksanakan, berakhir sudah kegiatan kunjungan dari jurusan Tadris Kimia. Sebelum meninggalkan tempat, seluruh rombongan mengikuti acara penutupan dan pemberian cinderamata serta foto bersama. Sungguh berkesan, kunjungan yang sebelumnya belum pernah jurusan Tadris Kimia laksanakan. Akhir dari perjalanan seluruh rombongan melanjutkan perjalanan ke salah satu pusat oleh-oleh di Kota Batu.