Ketua Jurusan Tadris Kimia IAIN Tulungagung Hadiri Kongres I Konsorsium Halal Center Jawa Timur

IMG-20190701-WA0025
Sebagian besar masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Pola hidup halal kini tentu menjadi kebutuhan utama bagi seluruh umat muslim. Untuk itu pemerintah telah mensosialisasikan UU No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal. Selanjutnya, untuk mendukung upaya keterlaksanaan UU tersebut, pastinya dibutuhkan persan serta berbagai elemen masyarakat, termasuk civitas akademika. (01/07/2019) Bertempat di Universitas Brawijaya, Malang, konsorsium ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan halal center di wilayah Provinsi Jawa Timur yang kompeten dan bersinergi dengan pemerintah dalam penjaminan produk halal baik di tingkat regional, nasional maupun inernasional melalui acara Kongres I Konsorsium Halal Jawa Timur. Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan beberapa perguruan tinggi di bawah naungan Kemristek DIKTI maupun PTKIN. Turut hadir pula Ketua Jurusan Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung, Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D.

Secara definisi, Konsorsium Halal Center Jawa Timur merupakan wadah bagi halal center dan atau organisasi sejenisnya di bawah naungan suatu institusi perguruan tinggi atau yayasan di wilayah Jawa Timur. Dikemukakan oleh pemimpin konsorsium, bahwa untuk mencapai visi di atas, misi dari Konsorsium Halal Center Jawa Timur diantaranya adalah (1) mendukung program pemerintah dalam penjaminan produk halal di tingkat regional, nasional dan internasional, (2) mewujudkan kerja sama antara halal center dengan pemerintahan Provinsi Jawa Timur, (3) mewujudkan Jawa Timur sebagai provinsi yang mengedepankan implementasi halal, dan (4) mewujudkan hubungan kerja sama yang harmonis dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat antar halal center di Provinsi Jawa Timur.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembacaan tata tertib kongres dan pelaksanaan kongres yang terdiri dari sidang komisi dan sidang pleno serta penetapan Anggaran Dasar/ AD dan Anggaran Rumah Tangga/ ART Konsorsium Halal Center Jawa Timur. Acara berlangsung dengan lancar dan sukses. Semoga kedepannya, IAIN Tulungagung juga dapat mendirikan Halal Center yang secara aktif dapat bekerja sama dengan Halal Center di tingkat provinsi maupun nasional.