Tingkatkan Kepedulian Lingkungan, HMJ Tadris Kimia Berwisata Edukasi ke BSM (Bank Sampah Manfaat) Bolorejo Tulungagung

BSM 1-min
Pada hari Minggu tanggal 20 Oktober 2019, Delegasi perwakilan HMJ Tadris Kimia didampingi oleh Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. selaku sekretaris jurusan Tadris Kimia berkunjung ke BSM (Bank Sampah Manfaat) Bolorejo, Tulungagung. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka edukasi pengolahan sampah.Dalam kesempatan ini yang menjadi narasumber adalah ketua BSM yaitu Bapak Agus dan rekan beliau yang bernama Bapak Harun. Narasumber menceritakan bahwa berdirinya BSM ini dimulai dari kesadaran warga sekitar yang peduli dengan lingkungan. Banyaknya warga yang peduli dengan lingkungan sekitar ini akhirnya terbentuk kepengurusan BSM Bolorejo, Tulungagung.
Perjuangan dalam memajukan BSM ini tak luput harus bekerja sama dengan pihak pemerintah setempat atau perusahaan untuk mendukung bank sampah serta membentuk tim kerja bank sampah yang melibatkan sektor birokrasi. Beberapa tahun berdiri, kemajuan BSM ini perlahan mulai terlihat menunjukan perkembangan. BSM ini sangat cocok menjadi destinasi wisata yang beredukasi dalam hal pengolahan sampah. Ketika masuk diarea BSM Bolorejo ini pemandangan yang indah dengan hiasan susunan batu dan kayu nampak berwarna memanjakan mata saat melihatnya.
BSM 2
Selain tempatnya yang nyaman, Banyak sekali hasil olahan sampah di BSM ini, mulai dari botol bekas, sisa kemasan, sepatu bekas, dan ban bekas . Semua barang bekas tersebut disulap menjadi sebuah barang yang memiliki nilai jual. Contohnya seperti tas, keranjang, pot bunga, lukisan, pupuk organik, dan lain-lain. Narasumber juga menceritakan cara dan proses dalam pengolahan sampah mulai dari pengumpulan sampah, pemilahan sampah, hingga teknik cara pengolahanya. Banyak sekali ilmu yang didapat ketika berkunjung ditempat ini.Semoga dengan adanya BSM ini, banyak masyarakat yang termotivasi dan sadar dengan kebersihan lingkungan sekitar.
Peduli Lingkungan, Salam Zero Waste