Kimia Ramah Anak, Perkenalkan Anak dengan Kegiatan Outdoor yang Melatih Motorik Anak

Hari Minggu tanggal 1 Februari 2020, posko KKN Bangsri 1 menyelenggarakan program kerja dari divisi Pendidikan yaitu Kimia Ramah Anak. Program kerja ini ditujukan untuk siswa-siswi RA Ar- Rohmah yang bertempat di Dusun Banjarjo. Kegiatan Sabtu Ramah Anak ini mengajak siswa-siswi RA Ar-Rohmah untuk melakukan kegitan outdoor. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengasah kemampuan motorik kasar siswa dan memberi edukasi mengenai sains. Kegiatan outdoor yang diselenggarakan berupa permainan tradisional estafet bangkiak, engklak, dan mengembangkan balon dengan soda kue
dan asam cuka.
kimia ramah anakPertama, dari peserta KKN Bangsri 1 memberikan contoh kepada siswa mengenai aturan permainan engklak, lalu satu demi satu siswa diminta mencoba permainan ini. Banyak siswa yang kesulitan melakukan permainan ini karena siswa diminta untuk menyeimbangkan tubuh dengan berdiri dengan menggunakan satu kaki dan siswa diminta untuk melompat melalui petak-petak yang telah digambar di lantai. Banyak dari mereka yang antusias untuk mencoba permainan ini walaupun mereka kesulitan dan masih salah dalam melakukannya.
Permainan selanjutnya adalah edukasi sains yaitu mengembangkan balon dengan menggunakan soda kue dan asam cuka. Alat yang digunakan dalam kegiatan ini adalah botol air mineral kapasitas 300 mL, soda kue, asam cuka, dan balon ukuran sedang. Teknis dari percobaan ini adalah memasukkan asam cuka ke dalam botol air mineral dan memasukkan serbuk soda kue ke dalam balon. Setelah itu, balon ditutupkan ke botol air mineral sehingga soda kue yang ada dalam balon jatuh ke dalam botol dan bercampur dengan asam cuka. Campuran ini menimbulkan busa yang banyak sehingga balon dapat mengembang.
Peristiwa yang terjadi dalam percobaan ini sebenarnya merupakan reaksi kimia sederhana yaitu reaksi antara asam dengan basa. Soda kue memiliki rumus kimia NaHCO3 atau disebut juga natrium bikarbonat yang bersifat basa. Asam cuka merupakan senyawa kimia asam dengan rumus kimia CH3COOH dengan nama IUPAC asam asetat dan nama trivialnya asam etanoat. Ketika dua zat ini direaksikan maka reaksi yang dihasilkan berupa natrium asetat (CH3COONa), air (H2O), dan karbon dioksida (CO2) yang berwujud gas. Karbon dioksida ini yang membuat balon mengembang karena berwujud gas. Siswa-siswi RA banyak yang menunjukkan ekspresi takjub terhadap hasil percobaan ini.