Pemberdayaan Masyarakat Desa Bangsri Melalui Pelatihan Hidroponik untuk Meningkatkan Efisiensi Pangan Mandiri

10 Februari 2020—Aksi nyata KKN Dusun Bangsri I, Kelompok mahasiswa jurusan Tadris Kimia FTIK IAIN Tulungagung, Azzilani Tahta Zilli Arsyka, dkk. Desa Bangsri Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar menggelar acara Pelatihan Hidroponik untuk Meningkatkan Efisiensi Pangan Mandiri. Acara ini terselenggara dilatarbelakangi dengan kondisi kebutuhan sayuran sehari-hari masyarakat yang selama ini diperoleh dari pasar.setiap hari membeli sayuran sebagai kebutuhan pokok pangan.
Berangkat dari kondisi ini, kelompok KKN Desa Bangsri berinisiaif untuk memberdayakan masyarakat dengan pengetahuan teknologi terkini, yaitu cara menanam hidroponik. Harapannya, masyarakat secara mandiri dapat memenuhi kebutuhan sayuran harian mereka dari hasil tanamnya. Selain itu, hidroponik juga dapat dilanjutkan untuk membuka peluang usaha.
hidroponik1Sebagai pemateri utama yaitu Muhammad Ardi Suryandani (Praktisi tanaman hidroponik) dari Tulungagung yang telah berpengalaman setiap hari merawat tanaman hidroponiknya untuk dijual dan dikonsumsi sendiri. Beliau mengatakan bahwa menanam hidroponik tidak sesulit yang dibayangkan. Perbedaannya hanya pada media tanam, dan jangan lupa dipenuhi nutrisinya.
hidroponik 2Panitia menyiapkan pipa paralon untuk media tanam lalu menyiapkan benih yang di tanam di rockwol setelah itu di kasih air agar rockwol menjadi basah terus di diamkan selama satu minggu hingga tumbuh benih tanaman tersebut. Setelah tanamannya tumbuh lalu di pindah di media tanam pipa paralon tersebut dan di kasih nutrisi A+B mix agar tanaman bisa tumbuh dengan cepat dan segar. Bahkan pemateri juga membawa perlengkapannya diantaranya tanaman sayuran serta bioorganic penyubur tanaman bahkan bibit berbagai jenis sayuran dibawa oleh beliau dari rumah dan juga pH meter untuk mengukur pH media tanam. Acara terlaksana dari pagi hingga sore dan berjalan lancar. Ibu-ibu PKK sebagai peserta sangat antusias mengikuti acara hingga usai.