Saatnya Mengabdi, Tim Satgas Covid-19 IAIN Tulungagung Membuat Hand Sanitizer untuk Masyarakat

HS 1Saat ini, negeri ini sedang dilanda pandemi Covid-19. Dalam rangka mencegah penyebaran wabah Covid-19 dan meningkatkan kepedulian bersama, Satgas Covid-19 Divisi Hand Sanitizer yang umumnya terdiri dari Dosen dan Mahasiswa Jurusan Tadris Kimia dan Tadris Biologi IAIN Tulungagung membuat hand sanitizer. Pembuatan hand sanitizer tersebut menggunakan literatur dari World Health Organization (WHO) dan BPOM, yaitu menggunakan bahan alkohol 95%, gliserin, hidrogen peroksida 3%, dan akuades.

HS 2
(17/03/2020) Kegiatan pembuatan hand sanitizer ini awalnya dilakukan dalam skala kecil di laboratorium sains IAIN Tulungagung karena bahan yang tersedia di laboratoium jumlahnya terbatas. Kemudian pembuatan hand sanitizer dilakukan dalam skala besar setelah bahan-bahan yang dipesan tersedia (28/03/2020). Selama dua hari, tim Satgas Cov-19 berhasil membuat hand sanitizer yang volumenya mencapai sekitar 759 liter. Harapannya, hand sanitizer ini dapat dimanfaatkan secara gratis oleh masyarakat umum.

Kita harus meningkatkan kewaspadaan, mengedukasi masyarakat agar kita menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sebagai upaya pencegahan Covid-19. Sebaiknya tetap kita utamakan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan membilas dengan air yang mengalir. Lalu, kapankah hand sanitizer ini efektif digunakan? Yaitu, ketika kita berada jauh dari tempat hand wash, sulit mencari air bersih, ataupun saat berpergian.

“Pengabdian masyarakat pada pandemi Covid-19 ini sangat penting dilakukan oleh institusi pendidikan khususnya kalangan kampus dan mahasiswa. Inilah saatnya kita mengabdi untuk negeri, berperan aktif ikut mencerdaskan dan mengedukasi masyarakat” pesan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Maftukhin, M.Ag, selaku Rektor IAIN Tulungagung. Akhirnya, marilah kita berdoa, semoga pandemi Corona ini segera berakhir sebelum Ramadhan tiba. Kita semua diberikan kesehatan, keselamatan dan perlindungan Allah SWT. Aamiin…