Workshop Online : Penulisan Karya Tulis Ilmiah

Tanggal 11 Juli 2020 Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Kimia melaksanakan WORKSHOP KTI (Karya Tulis Ilmiah) secara Online Via Grub Whatsapp dengan mengangkat Tema “Mewujudkan Generasi Kritis, Kreatif, dan Terampil Menulis KTI”. Workshop ini diadakan dengan tujuan untuk menambah wawasan dan melatih keterampilan dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah yang berkualitas.
Workshop KTIPemateri dalam acara Workhsop kali ini berasal dari Dosen Jurusan Tadris Kimia yang sangat handal dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah yaitu Bapak Ali Amirul Mu’minin M.Pd dan Bapak Ivan Ashif Ardhana M.Pd serta dipandu oleh Moderator, M.Izza Rahman.
Dalam acara Workshop Karya Tulis Ilmiah dibagi menjadi dua sesi untuk sesi I penyampaian materi mengenai “Cara Menemukan Ide”, hal yang sulit dan sering kali menjadi kendala dalam penulisan Karya Tulis Ilmiah. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan beberapa teknik, diantaranya adalah 1. Formula Jurnalistik 5W + 1H 2. Brainstroming 3. Perenungan 4. Banyak Membaca, jelas Bapak Ali.
Selanjutnya dalam sesi II penyampaian materi mengenai “Kaidah – Kaidah Penulisan Karya Tulis Ilmiyah (KTI) Yang Baik Dan Benar” disampaikan oleh Bapak Ivan Ashif Ardhana M.Pd. Beliau menyampaikan beberapa unsur yang harus ada dalam Karya Tulis Ilmiah diantaranya : 1. ABSTRAK merupakan bagian ringkasan Karya Tulis 2.BAB I PENDAHULUAN yang berisikan Masalah dan Kesenjangan yang didukung dengan data mutakhir atau rujukan hasil penelitian terdahulu, dan solusi yang ditawarkan, 3. BAB II KAJIAN PUSTAKA menguraikan lebih luas dari kajian teori. 4. BAB III METODE Penelitian, 5. ANALISIS DATA berisikan sajian data yang ditulis secara cermat, ringkas dan efektif dengan menggunakan grafik, table ataupun diagram. 6. BAB IV PEMBAHASAN berisikan penjelasan lebih detail mengenai data, 7. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN yang merupakan bagian akhir yang sesuai dengan tujuan penelitian Kegiatan Workhsop ini bersifat Internal jadi hanya diikuti oleh Mahasiswa Jurusan Tadris Kimia FTIK IAIN Tulungagung. Setelah acara workshop ini diharapkan Mahasiswa Tadris Kimia mengikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah dengan penulisan karya tulis yang sistematis dan sesuai kaidah – kaidah yang berlaku sebagai wujud daripada penerapan ilmu yang diperoleh dari materi “WORKSHOP KTI (Karya Tulis Ilmiah).