Bimbingan Teknis Membuat Video Pembelajaran

Webinar 1 FTIKPembelajaran daring di masa pandemi ini menuntut kreativitas dosen untuk mengoptimalkan pemanfaatan IT. Tak terkecuali pembuatan video pembelajaran yang mudah diakses oleh mahasiswa dalam pembelajaran juga sangat diperlukan untuk menunjang keberhasilan pembelajaran online. Untuk meningkatkan kompetensi dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, fakultas mengadakan bimbingan teknis membuat video pembelajaran yang dilakukan secara online. Mengundang praktisi teknologi pendidikan dan youtuber profesional, Masruhan Mufid, M.Kom. dosen dari Universitas Muhammadiyah Enrekang, acara bimtek tersebut dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2020.

Acara diawali dengan sambutan dekan FTIK IAIN Tulungagung kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber yang dipandu oleh moderator. Dalam paparan materinya, narasumber memberikan beberapa link sistem belajar daring nasional yang direkomendasikan dan dapat diakses secara bebas, diantaranya google classroom, edmodo, quipper, schoology, Ms teams, dan sebagainya. Untuk pertemuan virtual bisa pula digunakan webex, zoom, dan g.meet.

Selain itu, ditawarkan pula menggunakan flipped classroom (kelas terbalik) yang memiliki karakteristik dapat dilakukan siswa di rumah dengan menonton video, mencatat poin penting, dan membuat pertanyaan, sedangkan di sekolah dapat dilakukan dengan membahas kesalahan konsep yang terjadi, menyelesaikan tugas, melakukan praktik laboratorium, dan tes. Selanjutnya, untuk mengatasi permasalahan kuota yang terbatas, susah sinyal, maka dianjurkan pembelajaran dapat dilakukan secara asyncronous dengan pembuatan video pembelajaran dengan menggunakan screen recording yang merupakan cara yang relatif mudah. Dalam video pembelajaran dilengkapi tampilan gambar dan suara serta penjelasan dari pendidik.