Oksidasi Virtual Edisi Oktober 2020

IMG-20201024-WA0004Acara oksidasi (Obrolan Kimia Beredukasi) virtual kembali lagi digelar oleh HMJ jurusan Tadris Kimia melalui forum zoom meeting (24/10/2020). Tema yang dibahas kali ini yaitu “Dampak Pemakaian Hand Sanitizer” dengan pemateri ibu Chintia Rhamandica,M.Pd dosen dari jurusan Tadris Kimia IAIN Tulungagung. Acara diikuti oleh kurang lebih105 peserta.

Materi yang diangkat pada okisdasi kali ini sangat menarik karena setiap harinya kita tidak bisa lepas dari hand sanitizer khususnya di masa pandemi ini. Untuk pemakaian hand sanitizer sendiri sebenarnya aman-aman saja jika tingkat pemakaianya dalam kadar wajar, namun banyak yang tidak tahu bahwa dalam hand sanitizer itu mengandung beberapa bahan kimia berupa etanol, gliserol, aquades dan hidrogen peroksida, yang mana jika konsentrasi alkhohol tersebut tinggi kulit juga akan semakin kering dan akan terjadi kerusakan kulit.
Untuk hand sanitizer yang mengandung etanol akan cenderung mudah kering dibandingkan dengan hand sanitizer yang mengandung isopropanol. Sebaiknya jika masih ada tempat untuk mencuci tangan dan sabun cucilah tangan secara langsung karena lebih efektif dalam menghilangkan kuman dan bakteri, gunakanlah hand sanitizer jika terdesak saat tidak ada tempat mencuci tangan dengan sabun (CTPS).

Pada saat pemberian materi para peserta sangat antusias mengikuti acara hingga akhir, banyak juga yang mengajukan beberapa pertanyaan. Dengan adanya oksidasi kali ini banyak sekali ilmu dan pengetahuan baru yang didapatkan. Tetap semangat belajar jaga kesehatan dan jangan lupa ingat pesan ibu pakai maskermu 🙂