Gelar Kembali Workshop Kepenulisan Karya Ilmiah

Tulungagung – Workshop Kepenulisan Karya Ilmiah dengan tema “Kembangkan Kreativitas, Wujudkan Generasi Cerdas dalam Membuat Karya Tulis yang Berkualitas” diselenggarakan oleh HMJ Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung pada hari rabu, 4 Agustus 2021. Acara diselenggarakan secara online dengan menggunakan media zoom.

Acara workshop kepenulisan dihadiri oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I selaku Dekan FTIK, Dr. Muniri, M.Pd selaku Wakil Dekan FTIK, Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D selaku Ketua Jurusan Tdris Kimia, dan beberapa dosen Tadris Kimia, serta diikuti oleh lebih dari 200 peserta dari mahasiswa jurusan Tadris Kimia sendiri maupun dari luar jurusan Tadris Kimia.

Workshop kepenulisan ini mengundang dua pemateri yang luar biasa yakni Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. sebagai pemateri pertama dan Dr. Evi Susanti, M.Si. sebagai pemateri ke dua. Sepanjang acara inti dipimpin oleh moderator yakni Ita Septiana Fauziah yang merupakan mahasiswi semester 3 Tadris Kimia UIN SATU Tulungagung.

Ibu Tutik sebagai pemateri pertama menyampaikan materi tentang kepenulisan secara umum seperti pengertian kepenulisan, macam-macam karya ilmiah, dan lainnya. SedangkanIbu Evi Susanti sebagai pemateri ke dua memberikan materi tentang struktur kepenulisan, tips untuk memulai menulis, dan sharing pengalaman beliau sebagai pembina essay yang anak bimbingannya sudah menjuarai berbagai perlombaan nasional.

Setelah pemaparan materi yang disampaikan oleh ke dua pemateri, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berkonsultasi mengenai kepenulisan maupun karya ilmiah kepada ke dua pemateri. Peserta maupun dosen Tdris Kimia terlihat antusias mengikuti kegiatan workshop dari awal hingga akhir. Setelah kedua pemateri menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh peserta, acara diskusi ditutup oleh moderator dan diakhir dengan pengumuman RTL (rencana tindak lanjut) oleh MC. Rencana tindak lanjut ini adalah pembuatan essay oleh peserta workshop kepenulisan yang dibimbing oleh Desi Dwi Annisa mahasiswi Tadris Kimia. Rencana Tindak lanjut ini merupakan sebuah wadah untuk penerapan materi yang sudah didapat para peserta pada workshop kepenulisan.

foto 22Workshop kepenulisan karya ilmiah ini merupakan salah satu program kerja divisi ristek HMJ Tadris Kimia. Workshop kepenulisan ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam menghasilkan karya tulis yang berkualitas. Dengan diadakannya workshop kepenulisan ini, diharapkan mahasiswa Tadris Kimia akan lebih terpancing untuk berfikir kreatif dan lebih semangat dalam mengambangkan kemampuan menulis karya ilmiah.