FGD Penyelarasan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Pada tanggal 23 Juni 2022, FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengikuti Focus Group Discussion Penyelarasan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan oleh P2KP Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN SATU Tulungagung. Acara ini diselenggarakan pada 23-25 Juni 2022, bertempat di Amarta Hills, Batu.

Dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus disiapkan melalui pembaruan kurikulum. Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka diharapkan dapat menjadi jawaban atas tuntutan tersebut, sehingga setiap perguruan tinggi juga perlu mereview dan melakukan penyelarasan kurikulum MBKM. Ouput yang diharapkan dari kegiatan ini yakni tersusunnya kurikulum prodi yang sesuai dengan prinsip-prinsip MBKM. Acara ini dibimbing oleh Bapak Dr. Syaiful hadi, M.Pd., selaku ketua P2KP UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.

Di dalam pedoman kurikulum MBKM juga harus disiapkan rancangan kegiatan mahasiswa agar memperoleh pengalaman belajar di luar kampus. Berbagai bentuk pembelajaran di luar universitas antara lain magang/pekerjaan di industri atau tempat kerja lainnya, melakukan proyek pengabdian masyarakat di desa, mengajar di satuan pendidikan, mengikuti pertukaran pelajar, penelitian, kewirausahaan, studi/proyek mandiri dan berpartisipasi dalam program kemanusiaan. Semua kegiatan ini harus dilakukan di bawah bimbingan dosen. Pada akhirnya dihasilkan dokumen kurikulum prodi Tadris Kimia yang mana kurikulum ini disusun berdasarkan landasan filosofis, landasan yuridis, masukan dari alumni, dan analisis terhadap kurikulum sebelumnya sehingga ada beberapa matakuliah yang dihapus, diganti nama matakuliah, maupun ditambahkan matakuliah baru. Semoga pelaksanaan MBKM ke depan mendapatkan kemudahan, dan diharapkan kerja sama dengan kampus maupun institusi lain juga semakin ditingkatkan.