Seminar Lingkungan Hidup Tingkatkan Kepedulian Lingkungan

WhatsApp Image 2022-12-21 at 14.05.29Pada tanggal 01/08/2022 HMPS Tadris kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan seminar lingkungan hidup dan kewirausahaan limbah kimia yang diikuti oleh peserta dari HMK se – Malang Raya yang mendatangkan pemateri hebat, yaitu Bapak Ahmad Munawir, S.Si (Dinas Lingkungan Hidup Tulungagung), Ibu Harti (Ketua Bank Sampah Sumberberkah Desa Dono) dan juga Bapak Hendri Nurcahyadi S.Pd. Acara ini diadakan dengan tujuan agar mempererat tali silaturahmi antar himpunan mahasiswa jurusan kimia, dan juga sebagai bekal untuk mahasiswa sebelum menjalankan proker bina desa.

Materi yang pertama yaitu mengenai kebijakan pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan kabupaten Tulungagung yang disampaikan oleh Bapak Munawir. Materi selanjutnya yaitu mengenai wirausaha berbahan limbah yang disampaikan oleh ibu Harti selaku ketua Bank Sampah Sumberberkah Desa Dono. Beliau menjelaskan tentang prospek wirausaha dari sampah maupun limbah, seperti pembuatan kerajinan, pembuatan ekoenzim, pembuatan pupuk organic, dan lain sebagainya. Kedua pemateri menyampaikan materinya dengan jelas dan mudah dipahami peserta, para peserta pun mengikuti dengan aktif, khidmat dan tertib.

Materi yang terakhir yaitu  mengenai keorganisasian kepemimpinan yang disampaikan oleh kak Hendri Nurcahyadi, S.Pd. beliau menjelaskan dengan lugas, jelas dan mudah dipahami oleh para peserta. Peserta termotivasi menjadi pemimpin yang memiliki manajemen yang baik dan bijaksana.