Chemistry be Creatness (CBC) 2023

Pada hari Jumat, 12 Mei 2023, tepatnya pada pukul 12.30, Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung telah mengadakan acara pembukaan program CBC (Chemistry be Creatness) tahun 2023. CBC atau Chemistry be Creatness merupakan salah satu program kerja HMPS Tadris Kimia yang digunakan sebagai wadah bagi Mahasiswa Tadris Kimia untuk mengembangkan bakat maupun minatnya nya baik dibidang akademik maupunn non-akademik, seperti bidang olimpiade, essay, LKTI, nyanyi, maupun bidang tari, sehingga melalui program ini dapat meningkatkan kualitas dan kreativitas mahasiswa. Adapun acara pembukaan Program CBC ini diselenggarakan di lokal G-43 Gedung Arief Mustaqim lantai 4 sebagai simbolis dimulainya program CBC dan merupakan sosialisasi pertama rencana prosedur berlangsungnya program kedepan. Adapun acara pembukaan ini dihadiri oleh Peserta aktif yang mengikuti program CBC Tadris Kimia 2023/2024, dan dipimpin langsung oleh koorprodi Tadris Kimia, yakni Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd.

Pada acara ini dilakukan sosialisasi dan pembahasan terkait penjadwalan bimbingan dalam program CBC, baik bimbingan KTI (Karya Tulis Ilmiah) yang nantinya akan dibimbing langsung oleh dosen Tadris kimia yakni ibu Ifah Silviana, M.Pd., pembahasan tentang olimpiade yang akan dibimbing oleh  Bapak Ivan Arshif Ardhana, M.Pd., dan bimbingan pembuatan essay oleh Koorprodi Prodi Tadris Kimia, Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Meskipun fokus utama mengenai penjadwalan bimbingan program CBC dibidang akademik, namun disini juga membahas terkait tindak lanjut dari bimbingan tersebut. Di mana hasil karya essay maupun LKTI akan diikutkan dalam event lomba, begitu pula untuk bimbingan olimpiade yang mana digunakan sebagai persiapan untuk mengikuti event olimpiade atau kompetisi bidang kimia.

Selain pembahasan mengenai penjadwalan bimbingan bidang akademik, pada acara ini juga membahas terkait pengembangan bakat dan minat dibidang non-akademik, baik cabang tari maupun cabang nyanyi. Adapun untuk cabang tari ini dibimbing langsung oleh saudari Sylvi Putri Anggraini, Mahasiswa Tadris Kimia semester IV, sedangkan untuk cabang nyanyi (olah vokal) akan dibimbing oleh Dina Alfira, mahasiswa Tadris Kimia semester II. Pengembangan bakat minat dibidang non akademik ini akan ditindaklanjuti dengan mengikuti beberapa event perlombangaan atau sebagai pengisi acara dalam pelaksanaan program kerja HMPS Tadris Kimia lainnya. Dengan demikian, minat dan bakat yang dimiliki ini akan terus terekspos dan akan dikenal oleh semua orang yang nantinya diharapkan dapat memberikan pengalaman dan kebermanfaatan dikehidupan yang akan mendatang. Acara yang dilakukan dengan sosialisasi antara Koorprodi Tadris Kimia dengan peserta aktif CBC ini telah berjalan dengan lancar. Tepat pukul 14.00 WIB, acara ini ditutup dengan pembacaan surat al-Fatihah dan doa bersama yang dipimpin oleh Ibu Koorprodi Tadris Kimia sebagai bentuk peresmian pembukaan bimbingan program CBC dengan harapan program CBC ini dapat berjalan dengan lancar dan maksimal dalam mengembangkan bakat dan minat mahasiswa Tadris Kimia.