Chemistry Club Learning CCl4

Pada hari Minggu, 12 Maret 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia telah mengadakan CCl4 edisi 1. CCl4 atau Chemistry Club Learning merupakan salah satu program kerja bidang Edukasi yang bertujuan untuk membantu mahasiswa Program Studi Tadris Kimia dalam menyelesaikan suatu persoalan atau masalah yang dihadapi selama pembelajaran mata kuliah kimia berlangsung. Bentuk kegiatan yang dilakukan pada acara ini yaitu diskusi bersama, baik diskusi untuk menyelesaikan permasalahan dalam memahami materi maupun diskusi dalam menyelesaikan soal-soal kimia.

Untuk kali ini, CCl4 edisi 1 diperuntukkan bagi mahasiswa Tadris Kimia semester II. Adapun pemateri dalam acara ini Mike Amalia Rahayu dan Fifi Elydatul Mufidah, keduanya merupakan mahasiswa semester IV Program Studi Tadris Kimia UIN SATU Tulungagung.

Kegiatan ini dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti diskusi yang telah berlangsung. Terlebih pemateri kali ini sangat sabar, telaten, runtut, dan penjelasan sangat mudah dipahami. Sifat yang humble pada pemateri membuat seluruh peserta nyaman dan menikmati diskusi tersebut, baik ketika pembahasan mengenai materi hidrolisis yang disampaikan oleh pemateri Mike maupun materi kimia dasar 2 yang disampaikan oleh Pemateri Fifi. Seluruh peserta sangat aktif bertanya, menjawab, dan semangat dalam diskusi tersebut. Hingga diakhir diskusi, diperoleh 3 mahasiswa sebagai peserta teraktif, yaitu Aulia Nabila Putri, Dewi Uchsin Nadiya, dan Khoirun Nisak. Kegiatan CCl4 edisi 1 di Marofo Coffee Shop ini selesai pada pukul 12.00 WIB dan diakhiri dengan foto bersama. Kegiatan yang berjalan dengan lancar ini semoga dapat memberikan kebermanfaatan serta menambah wawasan bagi seluruh peserta sehingga peserta dapat memahami seluruh konsep kimia dengan baik.

Pada hari Selasa, 11 April 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia telah mengadakan CCl4 edisi 2. Adapun sasaran dari CCl4 kali ini adalah mahasiswa Program Studi Tadris Kimia semester IV dengan pemateri Aditya Pratama yang merupakan mahasiswa Semester VI Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Seperti halnya edisi 1, acara CCl4 edisi 2 ini diadakan di marofo coffe shop dengan tujuan untuk membahas beberapa materi yang dirasa sulit dipahami oleh mahasiswa Tadris Kimia semester IV melalui kegiatan diskusi bersama.

Acara ini dimulai pukul 14.00 WIB yang mana pada kesempatan ini, seluruh peserta memutuskan untuk belajar mengenai materi pemisahan kimia beserta cara menyelesaikan soal – soalnya. Seluruh peserta yang hadir sangat antusias dan saling bertukar pikiran, hingga akhirnya pemateri memberikan penjelasan dan penguatan materi yang sangat jelas, runtut, dan mudah dipahami, sehingga konsep – konsep materi ekstraksi pelarut dalam pemisahan kimia dapat dipahami dengan baik dan dapat dengan mudah menjawab beberapa soal yang diberikan. Acara ini berakhir pada pukul 16.30 WIB dan didapatkan 3 peserta teraktif, yaitu Niken Yuhana Petiwi, Nurul Ulya Septiani, dan Assania Nazida Mufida Hakim. Acara ini ditutup dengan pemberian kalung jajan kepada peserta teraktif dan foto bersama.

Pada hari Senin, 22 Mei 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia telah mengadakan CCl4edisi ke-3. Seperti halnya acara CCl4 edisi sebelumnya, acara ini diadakan di marofo coffe shop dengan pemateri Assania Nazida Mufida Hakim dan Niken Yuhana Pertiwi yang merupakan mahasiswa semester IV Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Adapun diadakannya acara dengan sasaran mahasiswa semester II Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ini bertujuan untuk membahas beberapa materi kimia dasar yang belum dipahami oleh mahasiswa Tadris Kimia semester II melalui kegiatan diskusi bersama.

Adapun pembahasan dan diskusi kali ini dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan pokok bahasan stokiometri, hukum dasar kimia, konfigurasi elektron, penyetaraan reaksi redoks, dan asam basa. Meskipun pesertanya tidak sebanyak edisi sebelumnya, namun diskusi ini dapat berjalan dengan lancar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya peserta yang telah memahami konsep – konsep materi sehingga dapat dengan mudah menyelesaikan berbagai jenis soal kimia. Acara ini berjalan dengan antusiasme peserta yang sangat tinggi, terlebih dalam sesi tanya jawab dan penyelesaian beberapa soal yang telah tersedia. Baik dalam pemaparan materi atau konsep kimia oleh Niken maupun Assania, seluruh peserta menyimak dengan baik dan kemudian saling berpikir pikiran dalam memberikan gagasan terhadap penyelesaian soal berdasarkan konsep – konsep materi yang telah dipahami. Acara ini berakhir pada pukul 16.30 WIB dan diakhiri dengan foto bersama. Seluruh peserta sangat senang atas terselenggaranya acara ini. Selain karena dapat bertukar pikiran, namun diskusi yang berlangsung telah membuka wawasan baru terhadap seluruh peserta sehingga peserta dapat memahami konsep – konsep kimia dengan mudah. Dengan demikian, diharapkan dari diadakannya CCl4 edisi 3 ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan bagi seluruh mahasiswa Tadris Kimia semester II dan menjadi ilmu yang berkah.