WORKSHOP KEPENULISAN Bertema “Realizing Creative and Inspirational Students with Skilled Writing in Scientific Papers”

Pada hari Sabtu, 27 Mei 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung telah melaksanakan salah satu program tahunannya yakni Workshop kepenulisan dengan tema “Realizing Creative and Inspirational Students with Skilled Writing in Scientific Papers”. Sesuai dengan temanya, dilaksanakannya kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan mahasiswa yang kreatif dan inspiratif melalui karya tulis melalui pelatihan kepenulisan sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan minat menulis mahasiswa menjadi sebuah karya tulis ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa Program Studi Tadris Kimia secara online melalui aplikasi zoom meeting.

Acara ini dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan pembukaan acara dan sambutan – sambutan dari ketua umum HMPS Tadris Kimia, Ainun Amalia, dan dilanjutkan oleh sambutan dari Koorprodi Tadris Kimia, Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd., yang dalam sambutannya berharap dari acara ini semoga dapat menambah wawasan bagi mahasiswa Tadris Kimia dalam kepenulisan serta dapat memotivasi mahasiswa untuk dapat menjadikan kegiatan menulis sebagai salah satu hobi yang bermanfaat.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu penyampaian materi. Adapun pemateri workshop kepenulisan ini adalah Bapak Nanang Purwanto, M.Pd., yang merupakan salah satu Dosen Tadris Biologi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Acara yang dipandu oleh moderator Vika Chusnurri’ayah ini berjalan sangat lancar dengan pemaparan materi yang sangat jelas, runtut, dan mudah dipahami. Selain itu, banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh para peserta pada sesi tanya jawab juga menunjukkan bahwa para peserta sangat antusias dalam mengikuti acara ini, terlebih dalam sesi tanya jawab ini merupakan kesempatan bagi peserta untuk menambah ilmu kepenulisan yang belum dipahami.

Pokok bahasan mengenai hal kreatif dalam menulis karya ilmiah, baik mengenai pengertian kreativitas, konsep kreativitas mahasiswa, tipe manusia yang kreatif, macam – macam kreativitas, sumber ide penelitian, maupun langkah – langkah menemukan ide yang kreatif menjadikan semua peserta paham bahwa kreativitas merupakan kemampuan untuk menghasilkan hal baru dari hal yang belum pernah ada sebelumnya melalui proses imajinatif, review informasi, pengalaman maupun proses penggabungan atau pengembangan dari suatu gagasan atau ide kreatif yang muncul dari rasa keingintahuan seseorang melalui pertanyaan 5W+1H. Selain itu, penjelasan pokok mengenai karya tulis ilmiah, baik pengertian, manfaat, maupun persiapan dalam penulisan karya tulis ilmiah yang sangat runtut dan jelas juga menjadikan peserta mengetahui bahwa karya tulis merupakan suatu tulisan hasil karya seseorang berdasarkan kebenaran logika rasional dan kebenaran ilmiah dari hasil penelitian lapangan maupun laboratorium, baik dalam bentuk artikel ilmuah, makalah, tesis, skripsi, disertasi, paper, jurnal, bahan ajar, dan sebagainya. Di mana karya tulis tersebut disusun secara sistemarus dengan berbagai persiapan seperti pengidentifikasian masalah dan penulisan judul dengan beberapa tahap penentuan sampai akhirnya terbentuk karya tulis yang menarik, terstandarisasi, dan menjadi ilmu baru yang terikat dalam suatu tulisan sehingga dapat memperluas cakrawala ilmu pengetahuan dan memperoleh kepuasan intelektual, terutama dalam bidang kimia yang dapat dikaitkan dengan ilmu lain dalam kehidupan sehari – hari. Demikian acara yang selesai pada pukul 11.00 WIB dan diakhiri dengan sesi foto bersama. Semoga dengan terselenggaranya acara ini dapat menambah pengetahuan mahasiswa dalam penulisan karya tulis yang kreatif, inovatif, serta dapat mengembangkan kemampuan menulis mahasiswa melalui gagasan – gagasan baru dalam menemukan ide untuk mensiati suatu permasalahan atau fenomena – fenomena yang terjadi saat ini dengan metode yang tepat.