PENTENA 2023 “Pengenalan Teman-teman Tadris Kimia”

Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia telah sukses mengadakan acara PENTENA 2023 pada 22 Agustus 2023 bertempat di Aula Perpustakaan Lt. 5 UIN SATU Tulungagung. Acara ini merupakan salah satu program kerja dari divisi eksternal yang bertujuan untuk memperkenalkan program studi Tadris kimia beserta ruang lingkupnya kepada Mahasiwa baru Tadris Kimia serta meningkatkan rasa saling mengenal dan keakraban satu sama lain. Adapun Pentena 2023 itu sendiri merupakan singkatan dari Pengenalan Teman-teman Kimia 2023, yang merupakan perubahan nama dari Ta’aruf Prodi 2023.

Acara ini dimulai pada pukul 09.15 WIB oleh MC acara dengan pembukaan berupa pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Zidan yang kemudian dilanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars UIN SATU serta sambutan – sambutan dan pembacaan doa. Adapun sambutan yang pertama  disampaikan oleh ketua umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia, Ainun Amalia, dan dilanjutkan dengan sambutan dari Koorprodi Tadris Kimia, Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Dalam sambutannya, ibu Tutik menyampaikan selamat datang kepada mahasiswa baru tadris kimia serta menyelipkan beberapa harapan, seperti harapan semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, lancar dan seluruh mahasiswa tadris kimia dapat menjadi kaum intelektual yang baik serta menjadi insan akademika yang berprestasi dibidang akademik maupun nonakademik. Harapan tersebut disampaikan sekaligus membuka secara resmi acara Pentena 2023 dengan bacaan basmallah bersama – sama. 

Pengenalan Prodi disampaikan oleh Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd selaku Koorprodi Tadris Kimia dan Ibu Ifah Silfianah, M.Pd selaku dosen Tadris Kimia yang bertujuan agar seluruh mahasiswa baru tadris kimia dapat mengetahui dan memahami profil dari Program Studi Tadris Kimia, di mana memiliki visi untuk menghasilkan lulusan atau sarjana pendidikan yang profesional, religius, berakhlakul kharimah dan berdaya saing melalui 4 misi, yaitu pembelajaran dengan mengintegrasikan keilmuan sains dengan nilai-nilai keislaman, melaksanakan tri dharma perguruan tinggi seperti penelitian dan inovasi pendidikan kimia dengan kearifan lokal dan perkembangan IPTEK, publikasi hasil penelitian, melakukan pengabdian masyarakat yang melibatkan dosen dan mahasiswa Tadris Kimia, serta menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga lain, seperti UNESA, UNY, dan sebagainya. Selain itu, beliau juga memaparkan terkait tujuan, prestasi, serta kegiatan-kegiatan yang telah sukses dilaksanakan oleh Program Studi Tadris Kimia, seperti webinar, seminar nasional, dan kunjungan industri, kemudian ditutup dengan pembahasan terkait penerapan kurikulum merdeka di Program Studi Tadris Kimia dan matakuliah apa saja yang dipelajari di perkuliahan. Pada kesempatan ini, juga diperkenalkan dosen-dosen pengampu matakuliah pada program studi Tadris Kimia.

Kegiatan PENTENA 2023 ini berjalan dengan lancar dengan 3 rangkaian acara, yaitu Oksidasi IV yang dilaksanakan pada tanggal 22 Agustus 2023, BESI dan Digital Creator II pada tanggal 23 Agustus 2023, istighosah dan doa bersama awal perkuliahan semester ganjil 2023/2024, serta Makrab Tadris Kimia 2023 yaitu pada tanggal 25-27 Agustus 2023. Kegiatan yang berlangsung selama hampir satu minggu ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa baru Tadris Kimia serta dapat meningkatkan motivasi belajar dan memiliki jiwa akademis yang beretika, unggul dan bijak dalam mengatasi segala permasalahan yang muncul. Selain itu, melalui kegiaatan ini, diharapkan seluruh warga Tadris Kimia dapat mengenal satu sama lain dan saling menjaga tali persaudaraan.