MAKRAB PENTENA 2023

Pada tanggal 25-27 Agustus 2023, Himpunan Program Studi Tadris Kimia telah mengadakan kegiatan “Makrab Tadris Kimia 2023: dengan tema “gali potensi, kembangkan inovasi sebagai saintis muda yang berbudi pekerti dan berprestasi”. Acara ini merupakan rangkaian terakhir dari acara PENTENA 2023 yang bertujuan agar mahasiswa baru tadris kimia 2023 dan pengurus HMPS Tadris Kimia 2023 saling mengenal dan akrab satu sama lain sehingga dapat mempererat silaturrahim melalui beberapa susunan acara yan telah disusun. Adapun pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Darunnajah, Sumergempol, serta wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru Tadris Kimia 2023.

Kegiatan ini dibuka pada hari jumat pukul 09.45 WIB oleh MC. Adapun pada hari ini difokuskan terhadap penyampaian materi-materi keorganisasian yaitu terkait pengenalan profil HMPS Tadris Kimia oleh pengurus HMPS Tadris Kimia, Antropologi kampus oleh Izza Rahman, dan ke-Ikahimkian oleh Desi Dwi Annisa, di mana Izza Rahman dan Desi Dwi Annisa merupakan demisioner HMPS Tadris Kimia 2021. Kegiatan makrab dihari pertama ini berjalan dengan lancar, terlebih seluruh peserta sangat berantusias mengikuti seluruh rangkaian acara yang terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan saat pemaparan materi serta adanya canda gurau disela-sela pemaparan materi dan secara kompak seluruh peserta menyanyikan lagu Mars IKAHIMKI (Ikatan Himpunan Kimia Indonesia).

Kegiatan makrab dihari kedua yaitu dilaksanakan di hari Sabtu telah berjalan dengan lancar, di mana pada hari kedua seluruh peserta diajak bersenang-senang melalui senam pagi, simulasi oksalat 2023, serta beberapa game yang telah disiapkan. Selain itu, juga terdapat praktikum kimia terkait teori asam dan busa api (hidrokarbon) yang diadakan setelah simulasi oksalat 2023 atau sebelum pelaksanaan game. Adapun pada waktu game, terlihat seluruh peserta sangat menikmati dan bahagia mengikuti game tersebut. Hal ini terlihat dari canda gurau, teriakan saling dukung, serta kekompakan dari setiap kelompok agar dapat memenangkan game tersebut. Waktu game ini selesai pada pukul 17.00 dan kemudian dilanjut malam hari pukul 18.30 dengan agenda Pensi. Dalam pensi tersebut, seluruh kelompok peserta beserta pendampingnya menampilkan pensinya masing-masing berdasarkan kesepakatan dari kelompok tersebut. Terdapat canda tawa dan nyanyian bersama baik dari seluruh peserta maupun panitia. Tidak hanya itu, di hari sabtu itu juga kedatangan tamu dari HIMASKA UIN Malang yang turut menyaksikan dan menampilakan pentas seni berupa nyanyian yang cukup menghibur dan menarik. Seluruh rangkaian makrab di hari kedua ini berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan pengumuman perolehan beberapa kategori, seperti kelompok terkompak yaitu kelompok 2, terkreatif yaitu kelompok 6, terfavorit yaitu kelompok 3, terkocak yaitu kelompok 2, dan tershohib yaitu kelompok 4. Setelah pengumuman tersebut, seluruh peserta diperkenankan untuk istirahat agar dihari terakhir makrab semua peserta dalam keadaan sehat dan bugar.

Pada hari terakhir makrab yaitu pada hari minggu, agendanya hanya senam pagi dan sayonara. Setelah 2 hari full kegiatan, dihari terakhir ini seluruh peserta mempersiapkan kepulangan dari kegiatan makrab ini. penutupan makrab 2023 dilaksanakan di pendopo pada pukul 10.30 WIB dan pada pukul 11.00 seluruh peserta Makrab 2023 beserta panitianya melakukan sesi sayonara dengan saling jabat tangan. Adapun sayonara ini menjadi penutup dan bentuk sampai jumpa seluruh peserta di mana selama 3 hari telah menikmati kehidupan bersama-sama untuk saling mengenal dan akrab satu sama lain. Semoga dengan adanya kegiatan yang berjalan dengan lancar dan sukses ini, tali silaturrahim antara mahasiswa baru dengan pengurus HMPS Tadris Kimia dapat terus berjalan dengan baik dan menjadi pengalaman yang berkesan.