Membentuk Mahasiswa Tadris Kimia Yang Solid Dan Berkarakter Dengan Ta’aruf Dan Malam Keakraban Mahasiswa Baru Tadris Kimia 2018

makrab 2018“Tak kenal maka tak sayang” sebuah peribahasa yang tidak asing lagi  bagi kita, peribahasa tersebut merupakan gambaran ketika kita belum mengenal orang lain maka tidak mungkin kita menyukai seseorang. Ta’aruf merupakan acara yang tepat untuk memperkenalkan Jurusan Tadris Kimia dari dosen, mahasiswa dan civitas akademik kepada mahasiswa baru Tadris Kimia agar mereka mengenal satu sama lain. Jurusan Tadris Kimia pada tahun ini merupakan tahun kedua yang menyelenggarakan acara tahunan dari program Komunitas Mahasiswa Jurusan(KMJ) Tadris kimia, acara yang dilaksanakan pada tanggal 8-9 September 2018 bertempat di Kampus IAIN Tulungagung Gedung Arief Mustaqiem lantai 2 yang digagas oleh Muhammad Shofwan Hadi ini selaku ketua pelaksana telah sukses diselenggarakan. Acara ini diberi nama Ta’aruf dan Malam Keakraban dengan tema “Dengan Ta’aruf kita bersama membentuk mahasiswa Tadris Kimia yang Solid dan Berkarakter”. Acara tersebut diikuti oleh Mahasiswa Baru Tadris Kimia Semester 1 tahun 2018. Berbeda dengan tahun kemarin Ta’aruf kali ini dikonsep menginap di kampus IAIN Tulungangung, hal ini dengan tujuan untuk memberikan kesan yang menarik kepada mahasiswa baru.

Acara Ta’aruf dan Malam Keakraban di mulai pada sore hari yang di buka langsung oleh Ketua Jurusan Tadris Kimia yaitu ibu Dra. Hj. Umi Zahroh M.Kes., P.hD. Acara kemudian dilanjut dengan perkenalan dosen-dosen kimia. Setelah sholat isya’ para peserta di arahkan ke ruangan dengan agenda perkenalan pengurus KMJ Tadris Kimia kemudian dilanjut dengan acara pentas seni oleh para peserta dengan penampilan-penampilan yang luar biasa dan pensinya berjalan sangat seru sekali. Acara yang paling ditunggu yaitu malam keakraban, para peserta dibangunkan pada jam 3 pagi, disana mereka diberikan tantangan oleh panitia dengan tujuan agar mereka mengenal apa itu kebersamaan, kekeluargaan, dan solidaritas. Kemudian mereka menyalakan lilin dan diminta untuk merenungkan tentang tujuan dan motivasi mereka kuliah di IAIN Tulungagung.

Pada pagi harinya, para peserta diajak senam pagi bersama para panitia, kemudian dilanjut dengan sarapan pagi bersama antara peserta dan panitia berkumpul menjadi satu untuk mempererat silaturahmi. Setelah sarapan mereka di intruksikan untuk berkumpul per kelompoknya masing-masing dengan agenda outbond edukasi, disana mereka akan mendapatkan ilmu-ilmu kimia didalamnya yang dikemas secara tertata rapi, dalam outbond edukasi dibagi per post, masing-masing post terdapat materi-materi edukasi tentang kimia, mulai dari post satu yakni sejarah tokoh ilmuan kimia seperti Jabir Ibnu Hayyan dan tokoh yang lain nya. Post ke dua yakni percobaan tahu, pada percobaan tahu ini mereka harus membandingkan tahu yang formalin dan tidak dengan cara mewarnai tahu. Pada post tiga mereka akan menggambar dengan bahan alami misalnya kunyit, kemudian di post empat mereka akan ditunjukkan eksperiment yang dinamakan “Gunung Meletus Bikarbonat” ini merupakan ekperiment yang sangat seru dan mereka sangat antusias untuk melakukan percobaan tersebut. Setelah melaksanakan kegiatan out bond edukasi di lanjut dengan out bond permainan yang diantaranya memindahkan air dalam gelas yang diikat karet dan ditarik oleh anggota kelompok, ada juga memindahkan sarung. Setelah itu pengumuman juara dan dilanjut dengan acara penutupan Makrab 2018. Adanya kegiatan tersebut dapat menambah silaturahmi dan keakraban mahasiswa tadris kimia dari antara junior dan senior serta mempererat kebersamaan keluarga besar Tadris Kimia IAIN Tulungagung.