CCl4 “Chemistry Club Learning”

(27/3) Tepatnya hari Sabtu jam 08.30 WIB mahasiswa Jurusan Tadris Kimia mengikuti serangkaian acara virtual yaitu diskusi CCL4. Dimana pada hari itu merupakan hari pertama pembukaan diskusi CCL4 yang merupakan salah bentuk perwujudan program kerja dari devisi PSDM bidang Edukasi dari HMJ Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. CCL4 (Chemistry Club Learning) merupakan salah satu forum diskusi bagi mahasiswa utamanya mahasiswa Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dilaksanakan melalui platform Whatsapp Grup dan dilanjutkan dengan google meet sekitar 30 menit untuk pemantapan materi. Di dalam diskusi CCL4 ini membahas tentang soal-soal sulit berkaitan dengan mata kuliah Kimia. Diskusi ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali, tepatnya di akhir pekan pada bulan tertentu. Diskusi dimulai pada pukul 08.30 hingga selesai.

CCL4 ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Tadris Kimia semester 2 dan 4. Dimana jumlah mahasiswa yang mengikuti CCL4 ini kurang lebih berjumlah 190 mahasiswa. Diskusi dilaksanakan setiap satu bulan sekali yaitu satu bulan pertama untuk semester 2 dan satu bulan berikutnya untuk semester 4, begitu juga seterusnya. Untuk teknis pelaksanaannya sendiri, beberapa hari sebelum diskusi CCL4 dimulai, mahasiswa yang menjadi penanggung jawab (PJ) dari masing-masing kelas membantu mengkoordinasi kelasnya untuk membuat daftar list pertanyaan berkaitan dengan soal-soal Kimia yang diangap sulit selama pembelajaran di kelas. Beberapa soal-soal yang pernah diajukan diantaranya yaitu berkaitan dengan materi pada mata kuliah Kimia Dasar, Kimia Organik, Pemisahan Kimia, dan masih banyak lagi. Dari beberapa list soal yang telah dibuat, selanjutnya fasilitator akan memilih beberapa soal yang akan dibahas dan diangkat dalam diskusi CCL4 dengan menyesuaikan estimasi waktu yang telah diberikan oleh panitia. Fasilitator dari CCL4 ini berasal dari mahasiswa Tadris Kimia semester 4 yang tentunya memiliki kelebihan dan kemampuan yang mumpuni. Ketika diskusi berlangsung terdapat 1 orang moderator yang akan memimpin jalannya diskusi dari awal hingga akhir acara juga ada 1 orang pengawas yang bertugas mengawasi jalannya diskusi utamanya untuk meninjau ulang siapa peserta teraktif dalam diskusi tersebut, karena sesuai dengan kesepakatan panitia, peserta yang teraktif akan mendapatkan reward berupa sertifikat yang akan dibagikan di setiap akhir semester. Fasilitator dapat memberikan dan memaparkan materi dan penjelasan berupa voice note, video share screen, rekaman audio, maupun membuat video yang dilengkapi dengan catatan cara pengerjaan soal-soal tersebut yang tentunya materi-materi akan disampaikan secara kreatif, inovatif dan pastinya mudah dipahami oleh semua peserta diskusi. Vidio-vidio yang telah dibuat oleh fasilitator sebagai penunjang materi diskusi CCL4 ini juga akan di upload di channel youtube HMJ Tadris Kimia. Dimana hal ini juga sangat membantu dalam menyebarkan, memanfaatkan serta mengembangkan sosial media dari HMJ Tadrsis Kimia. Selama berdiskusi peserta dapat menyimak dengan baik, bahkan ada beberapa dari mereka yang memberikan pertanyan-pertanyaan ke fasilitator terkait dengan penyampaian materi yang belum dipahaminya. Diskusi berjalan dengan cukup aktif dengan antusiasme para peserta diskusi CCL4.

foto 25Dengan adanya, diskusi CCL4 ini diharapkan dapat dijadikan wadah bagi mahasiswa Tadris Kimia untuk sharing-sharing serta berdiskusi tentang materi-materi Kimia yang dianggap sulit selama perkuliahan. Selain itu, melalui CCL4 inilah mahasiswa Tadris Kimia dapat memperoleh pengalaman, ilmu dan juga pengetahuan baru.