Khataman Al-Qur’an & Istighotsah

Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung berhasil menyelenggarakan acara Khataman Al-Qur’an dan Istighosah dalam Rangka Menjelang UTS dan Menyambut Bulan Suci Ramadhan. Acara ini dimulai sejak hari Jum’at 09 April 2021 pukul 18.30 sampai 20.30 WIB secara online via zoom yang diikuti oleh seluruh mahasiswa dan dosen Jurusan Tadris Kimia. Tujuan dari penyelenggaran acara ini adalah agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meneladani sifat-sifat Rasulullah SAW.

Acara khataman alqur’an dilakukan pada hari senin secara daring dengan membagikan daftar bagian pembacaan alqur’an oleh panitia pada setiap kelas mulai semester 1 hingga semester 5. Panitia memberian batas waktu pembacaan khataman alquran pada hari jum’at sore. Kemudian laporan khatam pembacaan alquran diserahkan ketua kelas pada panitia penanggungjawab. Selanjutnya doa khatmil akan dibacakan pada malam puncak acara oleh dosen.

foto 19Acara puncak dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Jurusan Tadris Kimia, Ibu Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Dilanjutkan dengan pembacaan istighosah dan doa yang dipimpin oleh salah satu dosen Tadris Kimia, Bapak Ivan Ashif Ardhana, M. Pd. Dan bapak Ali Amirul Mu’minin. M.Pd. Dengan adanya acara ini, selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, juga menjadi ajang mempererat tali silaturahmi antara mahasiswa dan dosen karena pandemi ini, pembelajaran belum dapat bertemu secara langsung, sehingga hanya bisa berkomunikasi secara virtual. Dilanjutkan acara penutup dengan kesimpulan dari mauhidhoh hasanah.