Mahasiswa Tadris Kimia Raih Predikat sebagai Best Presenter pada AICOIES 2022 di Salatiga

(22/06/2023) Annual International Conference on Islamic Education for Students (AICOIES 2022) adalah acara yang pertama kali diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswa terpilih untuk mempresentasikan dan mempublikasikan artikel hasil penelitiannya bersama dosen pada tingkat internasional. AICOIES 2022 mengambil topik tentang religious moderation, culture, and education. Acara ini dilaksanakan di UIN Salatiga. Ada beberapa tahapan yang dilalui untuk mengikuti acara ini, mulai submit abstrak, seleksi abstrak, pengumpulan full paper dan kemudian presentasi.

Anis Lailatul Fitriyah UIN SATU Tulungagung (No. 4 dari kiri)

Pada kesempatan ini Anis Lailatul Fitriyah mahasiswa Tadris Kimia semester akhir berkolaborasi dengan Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. menulis artikel hasil studi literatur dengan judul REOG KENDANG DANCE: STUDY OF ETHNOSCIENCE AS A LEARNING SOURCE TO IMPROVE STUDENTS’ AKHLAKUL KARIMAH. Judul ini diangkat berdasarkan fenomena ditemukan di sekitar bahwa pembelajaran etnosains penting untuk dikaji sebagai bentuk pembelajaran inovatif yang memadukan unsur budaya dan sains. Pembelajaran berbasis etnosains diharapkan dapat meningkatkan rasa kecintaan peserta didik terhadap budaya di Indonesia sehingga ikut berperan melestarikan budaya nasional yang diintegrasikan melalui pembelajaran sains. Di samping itu, tradisi dan budaya nasional juga menyimpan filosofi yang luhur dan memuat nilai-nilai karkater untuk meningkatkan akhlakul karimah peserta didik, sebagaimana pada budaya Tari Reog Kendang yang berasal dari Tulungagung, Jawa Timur. http://conference.iainsalatiga.ac.id/index.php/aicoies/article/view/245/144

Artikel ditulis dan dipresentasikan dalam Bahasa Inggris. Ini adalah pengalaman saya yang pertama mengikuti international conference dan presentasi dalam bahasa Inggris. Saya juga tidak menyangka terpilih sebagai salah satu The Best Presenter pada conference ini. Saya sangat senang mendapatkan pengalaman yang berharga ini, tutur Anis.