Abdimas 2022: Penguatan Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi untuk Guru Kimia SMA/MA

Bertempat di aula lantai 3 MAN 2 Tulungagung, pada Hari Kamis  tanggal 11 Agustus 2022 diselanggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Ifah Silfianah, MPd. yang merupakan salah satu dosen tadris kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah menjadi pemateri pada kegiatan tersebut. Tema dari kegiatan ini adalah “Penguatan Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi untuk Guru Kimia SMA/MA. Para guru kimia yang berasal dari MAN 1 Tulungagung, MAN 2 Tulungagung, SMAN 1 Boyolangu, MA Al-Ma’arif Tulungagung, MA Mirigambar Tulungagung, MA Darul Hikmah Tulungagung, dan guru sains MTs Negeri 1 Tulungagung hadir pada kegiatan tersebut.

bu ifahKegiatan diawali diskusi dengan guru kimia terkait bagaimana mengenalkan kimia kepada kimia, misalnya bagaimana mengenalkan ada kimia pada senyawa garam. Beberapa guru menjawab dengan mengenalkan fenomena garam yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari dengan menunjukkan garam dan menuliskan simbol kimia garam.  Selanjutnya pemaparan materi oleh Ibu Ifah Silfianah, M.Pd. dan dipandu oleh moderator Ibu Hilya Ulinnaja, M.Pd., keduanya dosen Tadris Kimia FTIK UIN SATU Tulungagung. Materi yang disampaikan tentang definisi ilmu kimia dan pemaparan beberapa cara mengajarkan kimia dengan multipel representasi. Mahasiswa Tadris Kimia semester 6 atas nama Afriska Amelia Herwinsya juga turut membantu persiapan dan menjadi MC pada kegiatan ini.

Guru diberikan data beberapa hasil riset penelitian terkait pemahaman siswa dalam mengkoneksikan tiga representasi kimia. IMG_20220811_094248 (1)Setelah itu guru dipaparkan beberapa teori tentang multipel representasi dan beberapa hasil riset tentang manfaat atau keunggulan penggunaan mulitipel representasi dalam pembelajaran kimia. Setelah pelaksanaan kegiatan, guru diberikan angket evaluasi kegiatan. Sebanyak 16 memberikan respon terhadap pelaksanaan kegiatan. Guru memberikan respon yang positif terhadap kegiatan, dan berharap dapat dilakukan kegiatan yang serupa dengan topik yang lain.