OKSIDASI 1 ““Fakta Menarik Puasa dalam Perspektif Biokimia”

Pada hari Rabu, 29 Maret 2023, Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung telah mengadakan acara OKSIDASI I. Oksidasi I atau Obrolan Kimia Santai Beredukasi edisi I ini diselenggarakan secara  online melalui aplikasi zoom meeting dengan mengusung tema “Fakta Menarik Puasa dalam Perspektif Biokimia”. Adapun tujuan dari acara ini adalah untuk menambah wawasan dan pengetahuan bagi mahasiswa Tadris Kimia mengenai keterkaitan ibadah dengan ilmu pengetahuan (sains), tepatnya dalam pandangan biokimia.

Acara yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Tadris Kimia ini, dimulai pukul 15.30 WIB oleh MC acara yang kemudian dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh saudari Nabila Lu’luil Maknun. Acara selanjutnya yaitu sambutan – sambutan. Sambutan yang pertama  disampaikan oleh Ketua pelaksana Oksidasi I, Febria Valentina, dan dilanjutkan sambutan dari ketua umum Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia, Ainun Amalia. Kemudian dilanjutkan dengan Doa oleh saudara Muhammad Rifqi Zidan sebagai penutup dalam agenda pembukaan.

Memasuki Acara inti dari Oksidasi I ini, acara dipandu oleh saudari Aulia Nabila Putri sebagai moderator dari pemateri ibu Tutik Sri Wahyuni, M. Pd. Acara inti berjalan dengan lancar, di mana seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti acara tersebut. Terlebih, pemateri memaparkan materinya dengan sangat jelas, runtun, dan beberapa pertanyaan juga dijawab dengan jelas dan mudah di pahami. Oleh karena itu, dari acara ini dapat diketahui bahwa puasa merupakan ibadah yang wajib dilakukan oleh setiap muslim dan termasuk ke dalam rukun Islam. Sedangkan biokimia adalah ilmu yang mempelajari tentang molekul dan mekanisme reaksi kimia dalam tubuh makhluk hidup. Puasa memiliki banyak keutamaan terutama bagi kesehatan tubuh yang melibatkan proses metabolisme dalam tubuh. Puasa juga tidak menyebabkan pemecahan protein, namun dengan puasa dapat membantu penurunan berat badan dan kolesterol darah serta mengontrol diabetes dan menurunkan tekanan darah. Puasa juga dapat dapat memperdalam pola pikir.

Semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan dan keberkahan bagi seluruh peserta, khususnya mengenai puasa yang memiliki keterkaitan dengan biokimia. Selain itu, semoga acara ini juga dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan seluruh peserta sehingga peserta dapat lebih khusyu’ dalam menjalankan ibadah dibulan puasa yang penuh berkah ini. Aamiin.