Tadris Kimia UIN SATU Berpartisipasi pada SARASEHAN DAN BINA DESA Kimia Beraksi 2023

Pada tanggal 1 – 5 Agustus 2023 telah terlaksana kegiatan Sarasehan X Kimber (Kimia Beraksi) HMK se-Malang Raya di Universitas Negeri Malang (UM) sebagai tuan rumahnya. Kegiatan ini diikuti oleh 4 HMK se-Malang Raya, yaitu Himpunan Mahasiswa Program Studi Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, HMK Universitas Brawijaya, Himaska “Helium” UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan HMD “Oksigen” Universitas Negeri Malang. Adapun dari HMPS Tadris Kimia UIN UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung diwakili oleh 5 mahasiswa aktif yaitu ketua umum HMPS Tadris Kimia dan seluruh anggota divisi Litbang (Literasi dan Pengembangan) bidang eksternal.

Pada hari pertama tepatnya pada tanggal 1 Agustus 2023, kegiatan ini dimulai dengan pemaparan program kerja disetiap HMK masing-masing dilanjut dengan pengajuan tender proker bersama HMK se-Malang Raya, setelah ditetapkan kesepakatan bersama seluruh peserta prepare menuju lokasi untuk kegiatan selanjutnya yaitu Kimber (kimia Beraksi) yang diadakan di Desa Sidoasri, Subermanjing Wetan , kabupaten malang. Perjalan dari kampus UM menuju ke lokasi desa memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan.

Dilanjut pada Hari ke-2 tepatnya tanggal 2 Agustus 2023 kami mengadakan kegiatan penyuluhan untuk masyarakat desa Sidoasri, Subermanjing Wetan, malang. pemateri pertama dari dinas pariwisata kabupaten Malang membahas materi seputar penyuluhan pantai berkelanjutan, Selanjutnya materi kedua yaitu dari dinas lingkungan hidup menyampaikan materi pemanfaatan limbah dapus sebagai pupuk organik. Setelah penyuluhan untuk desa kami memulai kegiatan pembuatan komponen camping ground dan pengajaran anak-anak desa. Acara dihari kedua inipun alhamdulillah berjalan dengan lancar.

Pada hari ke-3 dan ke-4 kami melanjutkan aktivitas pembuatan camping ground di pantai perawan Desa Sidoasri, Subermanjing Wetan kabupaten malang sekaligus bersih-bersih area pantai kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pada sore hari yaitu pengajaran anak-anak desa.

Pada hari ke-5 tepatnya pada tanggal 5 Agustus 2023 seluruh HMK se-Malang Raya mengadakan kegiatan gatering dengan penampilan bakat dari setiap HMK, diawali oleh Himaska “Helium” UIN Malang, HMK Universitas Brawijaya, HMPS Tadris Kimia UIN SATU Tulungagung, lalu yang terakhir dari HMD “Oksigen” Universitas Malang. Disamping penampilan bakat HMK diselingi oleh beberpa game untuk meningkatkan kefokusan dan kejelian dari seluruh peserta dan panitia sarasehan X Kimber (Kimia Beraksi). Seusai seluruh rangkaian selesai seluruh peserta dan panitia prepare untuk kembali ke kota Malang tepatnya di universitas negeri Malang.